Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN CSS (Cascading Style Sheet)

Apa itu CSS dalam bahasa pemprograman web?


share28s Information blog


PENGERTIAN CSS

CSS atau Cascading Style Sheet adalah sekumpulan kode pemprograman web yang berfungsi untuk mengendalikan beberapa komponen di dalam web sehingga menjadi tampak seragam, berstruktur, dan teratur, selain itu, CSS juga dapat diartikan sebagai kumpulan kode yang digunakan untuk mendefinisikan desain dari bahasa marup, Salah satu bahasa markup adalah HTML. CSS membuat anda dapat mengubah desain dari text, warna, gambar, dan latar belakang dari hampir semua kode tag HTML.

share28s Information blog


CSS selalu  berpasangan dengan HTML, karena keduanya saling melengkapi. HTML ditunjukan untuk membuat struktur atau konten dari halaman web. CSS digunakan untuk tampilan dari halaman web tersebut. Istilahnya,"HTML for content, CSS for Presentation".

Nama CSS di dapat dari fakta bahwa setiap deklarasi style yang berbeda dapat diletakkan secara berurutan dan membentuk suatu hubungan layaknya hubungan ayah-anak (Parent-Child) pada setiap style. CSS sendiri merupakan sebuah teknologi internet yang direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium atau W3C pada tahun 1996. Setelah CSS distandarisasikan, Internet Explorer dan Netscape melepas browser terbaru mereka yang telah sesuai atau paling tidak hampir mendekat dengan standar CSS.

Ada dua sifat CSS, yaitu internal dan eksternal. Jika internal yang dipilih, maka skrip itu dimasukkan secara langsung ke halaman website yang akan didesain. pada eksternal skrip CSS dipisahkan dan diletakkan dalam berkas khusus.
Dzikri Muhammad Sopyana
Dzikri Muhammad Sopyana Silih Asih, Silih Asuh, Silih Asah. Hatur nuhun.

Post a Comment for "PENGERTIAN CSS (Cascading Style Sheet)"

Berlangganan via Email