Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN JAVASCRIPT DASAR [BASIC]

APA ITU JAVASCRIPT DALAM BAHASA PEMPRGORAMAN WEB ?


share28s Information blog


JavaScript adalah suatu bahasa script yang di-interpreter oleh browser (client side). Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigation 2.

Sintaks penulisan JavaScript memiliki kemiripan dengan bahasa pemprograman java dan juga C sehingga banyak aturan-aturan dari bahasa java atau C yang bisa diterapkan dalam JavaScript, tetapi perlu di ingat JavaScript tidak sama dengan Java, Karena : 

1. JavaScript yang dikembangkan oleh Netscap, produknya untuk web disebut web script.
2. Java yang dikembangkan oleh Sun Microsystems, produknya untuk web adalah applet.

JavaScript bergantung kepada browser (navigatior) yang memanggil halaman web yang berisi skrip dari JavaScript dan tentu saja tersisipkan di dalam dokumen HTML JavaScript juga tidak memerlukan compiler atau penterjemah khusus untuk menjalankannya (karena pada kenyataanya compiler JavaScript sendiri sudah termasuk di dalam browser tersebut).

Penulisan kode JavaScript diletakkan di antra tag HTML. Dengan menambahkan JavaScript akan membuat halaman Web menjadi lebih menarik dan interaktif. Menggunakan JavaScript, memungkinkan kustomisasi terhadap dokumen HTML pada saat diakses dengan menulis melalui penanganan event terhap elemen-elemen tag HTMLdalam halaman tersebut, memerikasa data form pada sisi client dan melakukan perhitungan pada sisi client hingga membuat animasi kursor mouse dan sebagainya.

JavaScript merupakan suatu bahasa yang perkembangannya lambat dibandingkan  dengan bahasa java yang berkembang sangat cepat. Di JavaScript anda tidak mungkin menyembunyikan kode skrip yang kita tulis, kode langsung ditulis di dalam dokumen HTML dan sangat mudah terlihat, sedangkan di Java, kode sudah berbentuk setengah terkompilasi (untuk web dalam bentuk applet) dan tidak mungkin terlihat dari dalam dokumen HTML, satu mesin virtual di sisi user yang bertanggung jawab untuk menterjamahkan program di dalam applet tersebut setiap kali halaman HTML yang memuat applet tersebut dipanggil oleh browser, maka dapat dikatakan bahwa JavaScript cukup cepat di panggi (load) oleh navigator.

Sama halnya sepert pemprograman bahasa C, JavaScript juga bersifat Case Sensitive (membedakan huruf besar dengan huruf kecil) untuk setiap perintah dan penamaan variabelnya. Contohnya adalah variabel Coba berbeda dengan variabel coba. Sintaks penulisan JavaScript adalah sebagai berikut:

Cara Penulisan JavaScript 

 Script JavaScript dapat ditempatkan pada :

1. Body dalam dokumen HTML.
2. Header, dalam bentuk function.
Dzikri Muhammad Sopyana
Dzikri Muhammad Sopyana Silih Asih, Silih Asuh, Silih Asah. Hatur nuhun.

2 comments for "PENGERTIAN JAVASCRIPT DASAR [BASIC]"