Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

interview kerja sebagai web developer

interview share28s blog

Selamat datang di blog share28s kali ini saya mau cerita dan berbagi pengalaman saat interview sebagai programmer atau web developer di salah satu perusahaan di bandung jujur saya baru pertama kali melamar dan mendapat panggilan saat itu atau sebut saja saya fresh graduate. nah awalnya saya dapat lowongan di joble.id pada saat itu saya mencoba mengirim cv di perusahaan tersebut dan akhir nya dua hari setelah mengirim cv saya di panggil oleh perusahaan yang bersangkutan dengan jadwal yang sudah di tentukan senang rasanya dapat panggilan untuk interview namun di sisi lain saya bingung harus apa nantinya pada saat di interview. pada saat itu saya punya waktu dua hari sebelum interview nah selama dua hari itu saya coba searching di google bagaimana sih interview dan apa saja yang akan di tanya atau soal seperti apa yang nanti nya di kerjakan. dan pada saat itu banyak artikel yang hanya menjelaskan sebagian tentang bagaimana nanti interview sisa nya hanya memberi semangat atau kata kata motivasi namun ada kalimat yang sampai saat ini saya ingat yaitu "jika kamu jago atau mengerti dasarnya apa itu programming terutama yang bersakutan dengan coding maka jangan khawatir kamu pasti bisa menjawab semua pertanyaan saat interview" dan juga kalimat "jangan berbohong saat interview" nah kedua kata itu ternyata ada bener nya juga sih. setelah saya pusing harus melakukan apa akhirnya saya memutuskan untuk belajar kembali dasar dasar tentang web developer terutama yang berkaitan dengan coding php,javasript,mysql,dan css saya belajar kembali semua itu selama dua hari.
Baca Juga : Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Interview
Pada saat waktu interview di mulai saya duduk di bangku dengan seorang pelamar lainnya dan disuruh mengisi seperti formulir yang isi tentang identitas kamu juga pengalaman kerja dan ingin gaji berapa seingat saya seperti itu. sudah itu saya di beri soal pertama yaitu soal psikotes yang sangat banyak saya gatau pasti jumlah nya. sesudah soal psikotes selesai baru lah saya harus mengerjakan soal  kedua yaitu uji kompentesi kemampuan calon pelamar karna saya melamar sebagai web developer php maka soal nya pun tidak jauh mengenai seputar itu. berikut soal yang saya ingat pada saat itu :

Soal Web Developer

  1. urutkan angka ini 98247 dari yang terkecil tidak boleh menggunakan sort DESC !
  2. urutkan angka ini 98247 dari yang terbesar ttidak boleh menggunakan sort ASC !
  3. tuliskan algoritma cara menampilkan bilangan ganjil pada angka ini 876238 !
  4. tuliskan algoritma cara menampilkan bilangan genap pada angka ini 876284 !
  5. jelaskan pengertian cms !
  6. apa itu framework?
  7. sebutkan dan jelaskan 3 jenis framework !
  8. tulis coding untuk menampilkan gaji karyawan dalam mysql
  9. jelaskan pengertian php oop(public, private, protected)
  10. coba buat program sederhana dengan javascript
  11. tuliskan tag tag html
  12. jelaskan pengertian(class, object, atribut ,dan method)
  13. pengertian dan manfaat git
  14. relasikan database yang tersedia
  15.  pengertian html
Hanya segitu yang saya ingat yang jelas kamu harus paham dasar tentang algoritma, php, mysql, html, javascript, cms, css insyaallah kamu bisa jawab soal yang diberikan untuk kamu dan juga kalo bisa minimal kamu bisa buat program sederhana untuk jaga jaga siapa tau di tes. Oke sekian pengalaman yang saya bagikan untuk kamu see u next time.
Dzikri Muhammad Sopyana
Dzikri Muhammad Sopyana Silih Asih, Silih Asuh, Silih Asah. Hatur nuhun.

2 comments for "interview kerja sebagai web developer"

  1. Sekarang kabarnya gimana gan? Diterima? Dan kalo diterima, gaji jadi webdev berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulilah sempat diterima namun bekerja dengan kontrak 3 bulan atau sampai projek beres saat itu dan untuk gaji kita bisa nego dan biasanya perusahaan menawarkan gaji yang kita ingin (tergantung skil dan kemampuan kita) ini bedasarkan pengalaman saya ya.

      Delete

Berlangganan via Email