Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu web phising?

apa itu phising?
Sumber gambar : nokiafans.id

Web Phising adalah sebuah metode untuk menipu pengguna dunia maya dengan cara melabui target dengan tujuan agar mendapatkan informasi data penting dari target. data penting yang dimaksud disini adalah seperti akun, credit card, dan lain sebagainya yang bersifat privat dan rahasia.

Jika kita pahami kata phising ini merupakan kata yang diambil dari istilah "Fishing" yang artinya memancing. jadi bisa disimpulkan bahwa cara kerja nya itu dengan cara memancing korban agar bisa mendapatkan data pribadi yang bersifat rahasia.

Tau kah kamu phising disebarkan dimana saja ? phising ini biasa disebar melalui email atau pun sosial media lainnya.

Lalu Seperti apakah phising itu ? Phising ini berupa web clone atau bisa dibilang web ini menyerupai halaman web aslinya agar korban terkelabui.

Bagaimana kah cara mengetahui web phising? caranya cukup mudah hanya saja anda harus sedikit teliti. dibawah ini adalah contoh gambar web phising.

apa itu phising?

Contoh diatas adalah phising dengan tampilan menyerupai web paypal.com dengan tujuan agar korban terkelabui dan tanpa sadar mengisi form tersebut. secara otomatis data penting seperti Credit Card korban akan ter-ambil oleh pelaku. 

Bagaimana cara kerja nya phising ini ? cara kerja awal yaitu pelaku mengirim email dengan isi pemberitahuan untuk melengkapi data disertai link yang akan membawa korban ke halaman yang menyerupai web aslinya. 

di halaman tersebut korban di mintai untuk mengisi form yang tersedia lalu di saat korban sudah selesai mengisi data tersebut dan meng-klik confirm maka otomatis data tersebut  terkirim ke email pelaku.

Lalu bagaimana kita menghindari web phising seperti ini ? Cara nya cukup mudah yaitu anda perlu sedikit teliti coba lihat gambar diatas. disana saya beri tanda kotak warna merah pada domain situs tersebut.

Contoh domain ilegal diatas adalah www.paypai.dev-looat.ml itu adalah domain ilegal dan masih banyak contoh lain domain ilegal yang jelas nama domain asli paypal adalah www.paypal.com selain itu maka ilegal. jadi selalu berhati hati lah agar data penting anda tidak diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tips dari saya :

  • Berhati hati lah dengan situs web yang mengharuskan anda untuk mengisi data penting terutama card credit, Password dan sebagainya yang bersifat rahasia. 
  • Usahakan email dan password akun gmail berbeda dengan email dan password akun lainnya. karena jika salah satu akun anda ter-ambil maka pelaku pun bisa dengan mudah mengambil gmail anda. kenapa gmail ini sangat penting? karena semua pendaftaran yang ada di internet mengharuskan anda mempunyai email kan ? nah bagaimana jadi nya semua akun yang terdaftar di email tersebut terambil semua ? pasti akan sangat merugikan sekali untuk anda!. 
Nah itu tadi penjelasan mengenai web phising dari saya. Semoga anda tidak terkena imbasnya dari pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin menggunakan data pribadi anda ^^. Oke sampai ketemu lagi dengan saya. See u next time. Bye!.

1 comment for "Apa itu web phising?"

Berlangganan via Email