Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan dari 5 Integrated development environment (IDE) Java

Hai selamat datang di blog ini. kali ini saya akan share kelebihan dan kekurangan dari setiap 5 software Integrated development environment (IDE) Java. Sebelumnya saya akan jelaskan sedikit apa itu Integrated development environment (IDE) ?

IDE (Integrated Development Environment) adalah program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak.

 Kelebihan dan Kekurangan  dari 5 Integrated development environment (IDE)

1. NetBeans

Netbeans adalah sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris. Sebuah IDE merupakan lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.

Kelebihan
  • Berorientasi objek
Java adalah bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Java membagi program menjadi objek-objek serta memodelkan sifat dan tingkah laku masing-masing dalam menyelesaikan suatu masalah. 
  • Java bersifat multiplatform 
Java dirancang untuk mendukung aplikasi yang dapat beroperasi di lingkungan jaringan berbeda. Untuk mengakomodasi hal tersebut, Java compiler membangkitkan bytecodes (sebuah format yang tidak tergantung pada   arsitektur tertentu yang didesain untuk mengirimkan kode ke banyak platform perangkat keras dan perangkat lunak secara efisien). Java dapat dijalankan oleh banyak platform seperti Linux, Unix, Windows, Solari, maupun Mac. 
  • Java bersifat multithread
Multithreading adalah kemampuan suatu program komputer untuk mengerjakan  beberapa proses dalam suatu waktu. Thread dalam Java memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kelebihan multi prosessor apabila sistem operasi yang digunakan mendukung multi prosessor.
  • Dapat didistribusi dengan mudah
Java memiliki library rutin yang lengkap untuk dirangkai pada protocol TCP/IP (seperti HTTP dan FTP) dengan mudah. Kemampuan networking Java lebih kuat dan lebih mudah digunakan. Java memudahkan tugas pemrograman jaringan yang sulit seperti membuka dan mengakses sebuah soket koneksi. Java juga mamudahkan pembuatan CGI (Common Gateway Interface).
  • Bersifat dinamis
Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang sedang berkembang. Java bersifat dinamis dalam tahap linking. Class yang ada dapat di link sebatas yang diperlukan, apabila diperlukan modul kode yang baru dapat di link dari beberapa sumber, bahkan dari sumber dalam jaringan Internet.


Kekurangan
  • Tulis sekali, jalankan di mana saja – Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridge yang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X. 
  • Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Hal yang sama juga terjadi pada Microsoft.NET Platform. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer. 
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat  tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal).

 Kelebihan dan Kekurangan  dari 5 Integrated development environment (IDE)


2. Eclipse  

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent).

Kelebihan
  • Multiplatform. Kelebihan paling utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform /sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja.
  • OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang  artinya    semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek.
  • Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapanlibrary/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
  • Bergaya C++ memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak 
  • pemrogram C++ untuk pindah ke Java Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kekurangan
  • Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain.
  • Mudah didekompilasi, Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber.
  • Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa  tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++ dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal).

 Kelebihan dan Kekurangan  dari 5 Integrated development environment (IDE)

3. JDeveloper  

JDeveloper merupakan sebuah IDE gratisan dari Oracle. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk pengembangan aplikasi dengan Java, XML, SQL dan PL/SQL, HTML, JavaScript, BPEL dan PHP. JDeveloper melingkupi seluruh siklus pengembangan dari desain hingga coding, debugging, optimasi dan profiling untuk melakukan deploying. Aplikasi ini menjadi gratisan pada tahun 2005.

Kelebihan
  • Merupakan software DBMS yang handal dan memiliki kemampuan yang tinggi
  • Dapat menangani jumlah data dalam ukuran yang besar
  • Dapat mengolah data dalam ukuran besar dan mengolahnya dengan cepat sehingga  didapatkan informasi yang akurat sesuai permintaan pengguna/user
  • Memiliki kemampuan akan fleksibilitas dan skalabilitas yang dapat memenuhi tuntutan akan data dan informasi yang bervolume besar dan terus-menerus bertambah besar
  • Memiliki kemampuan Technology Cluster Server dimana jika terdapat lebih dari satu unit server misalnya 100 unit server maka Oracle dapat menjadikan 100 unit server tersebut aktif bekerja bersama sebagai 100 aktif server
  • Memiliki kemampuan untuk management user dan tiap user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
  • user bisa diatur hak akses terhadap suatu database oleh database administrator.
  • Bisa berjalan pada lebih dari satu platform system operasi.

Kekurangan
  • Merupakan software DBMS yang paling mahal, paling rumit, dan paling sulit untuk dipelajari
  • Membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk menjalankan software DBMS Oracle supaya berjalan dengan stabil
  • Hanya diperuntukan bagi perusahaan berukuran besar, dan tidak cocokuntuk perusahaan kecil maupun menengah

 Kelebihan dan Kekurangan  dari 5 Integrated development environment (IDE)

4. Android Studio

Android Studio merupakan Integrated Development Environment (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android, berdasarkan IntelliJ IDEA. Android berubah mеnјаԁі platform уаng Ьеgіtu cepat ԁаӏаm mеӏаkukаn inovasi. Hаӏ іnі tіԁаk lepas ԁагі pengembangan utama dibelakangnya, уаіtu Google. Google lah уаng mengakuisisi Android ԁаn kеmudіаn membuatkan ѕеЬuаһ platform.

Kelebihan
  • Instant Run ketika kita akan menjalankan sebuah program yang telah dibuat melalui perintah run, kita akan menyusun progam Android yang nantinya akan terbentuk APK.
  • Fungsi Intelligent Code Editor dengan Android Studio, kita dapat menulis kode dengan lebih baik, cepat, dan juga produktif.
  • Emulator yang kaya fitur Android Studio juga termasuk salah satu emulator android terbaik. Sehingga kita dapat menguji langsung aplikasi yang kita buat ke berbagai perangkat Android misalnya ponsel, tablet, smartwatch dan juga Smart TV.
  • Sistem yang fleksibel Android Studio juga menawarkan otmatisasi versi, manajemen dependensi serta konfigurasi versi yang dapat disesuaikan.
  • Dapat membuat aplikasi yang lengkap Kelebihan lain dari Android Studio ini adalah dapat mendukung sepenuhnya pengeditan file proyek yang menggunakan bahasa C maupun C++. Dengan begitu, kmau dapat membuat komponen-komponen JNI dalam satu aplikasi. Selain itu, ISE ini juga menyediakan sintaks serta pemfaktoran ulang untuk C maupun C++.
  • Dapat digunakan secara tim Selain secara individu, Android Studio juga dapat digunakan secara tim. SEabb Android Studio mempunyai integrasi dengan beberapa version control populer semacam Git dan juga Subversion
  • Mampu dipakai untuk semua perangkat Android Andoid Studio dapat memberikan wadah untuk membuat aplikasi Android yang berada pada perangkat apapun. Contohnya Tablet, Android Wear, Android TV, serta Android Auto.

Kekurangan
  • Proses Lambat Karena menggunakan Bahasa Program Java, Android Studio ini pengoperasiannya berjalan lambat. Sehingga kamu harus lebih sabar ketika akan mencoba codding menggunkan Android Studio ini.
  • Implementasi rumit Untuk melakukan pengembangan aplikasi android menggunakan Android Studio terbilang rumit. Selain rumit, prosesnya pun panjang.
  • Error yang sulit ditemukan Salah satu kelemahan Android Studio adalah sulit ketika ada error pada saat proses codding. Error sendiri akan ketemu ketika sudah masuk uji coba. Sehingga hal tersebut akan membuat waktu pengembangannya menjadi lebih lama.

 Kelebihan dan Kekurangan  dari 5 Integrated development environment (IDE) Java

5. Borland C++

Borland C++ adalah perangkat lunak untuk menyusun aplikasi yang berdasarkan pada bahasa pemrograman C dan bekerja dalam lingkungan sistem operasi windows.

Kelebihan
  • Kecepatan dan efisiensi kompiliasi kode bahasa C++ dengan portabilitas dan fleksibiitas yang tinggi untuk semua jenis computer
  • Borland C++ mendukung beberapa sistem operasi yaitu DOS, windows 16-bit (Windows 3.0)
  • Khusus untuk pemrograman database, Borland C++ dapat di hubungkan dengan Notepad, 
Kekurangan
  • Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang – kadang membingungkan pemakai (pemula)
  • Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer. 
  • C++ tidak murni OOP sehingga kurang cocok untuk mengajarkan Konsep OOP karena kaidah-kaidah OOP dapat dilanggar. 
  • C++ walapun tidak terpengaruh oleh Sistem Operasi tetapi tool untuk developmentnya harus spesific pada salah satu sistem operasi contoh Visual Studio hanya dapat berjalan di Windows. Alasan ini juga nantinya akan dapat menurunkan minat terhadap sistem operasi yang lain contohnya Linux. 
  • Implementasi C++ dalam teknologi IT pada saat sekarang sudah sangat sedikit sekali.
  • Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai

 

1 comment for " Kelebihan dan Kekurangan dari 5 Integrated development environment (IDE) Java"

Berlangganan via Email