Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Interview ? YUK BAHAS!

Seseorang yang baru lulus sekolah atau kuliah dan mencari perkerjaan untuk mencari pendapatan sendiri dan hidup mandiri. 

Namun untuk calon pekerja ini mereka selalu bertanya apa saja yang harus diperhatikan saat pertama kali interview ? 

Ya, cukup bingung memang untuk seseorang yang pertama kali mencoba interview tapi tidak usah khawatir kali ini admin share jawaban itu berdasarkan pengalaman pribadi ya.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Interview ? YUK BAHAS!

Mungkin sedikit penjelasan tentang interview terlebih dahulu agar sedikit lebih mengerti.

Apa itu interview atau wawancara ? interview atau wawancara merupakan percakapan antara dua orang atau lebih untuk menghasilkan tujuan dari informasi yang di dapat dari percakapan tersebut dan percakapan itu biasanya berisi pertanyaan-pertanyaan dari pihak pewawancara.

Jawaban pelamar menjadi penentu perusahaan untuk menentukan nasib diterima atau tidak nya bekerja dan jawaban pelamar pun menjadi kualitas mereka terhadap bidang yang dilamar.

Baca Juga : Interview Sebagai Web Developer

Nah untuk itu kita langsung bahas apa saja yang harus diperhatikan saat interview ? simak pembahasannya berikut ini.

1. Hal dan Barang yang Perlu Dipersiapkan

Sangat perlu di perhatikan hal dan barang yang perlu kamu persiapkan sebelum berangkat interview dengan begitu kamu akan siap untuk melakukan interview. Lalu apa saja sih Hal dan Barang tersebut?

Barang yang perlu dipersiapkan :

  • Hasil Karya (jika ada)
  • Foto Copy CV
  • Surat Lamaran
  • Tas atau Folder Penyimpanan Dokumen 
  • Sertifikat (jika ada)
  • Pulpen dan Buku atau notepad

Hal yang perlu dipersiapkan :
  • Persiapkan pertayaan yang ingin ditanyakan untuk pewawancara perlu di perhatikan untuk menanyakan seputar pekerjaan yang dilamar saja dan pertanyaan harus berkualitas
  • Catat setiap alur wawancara atau interview agar bisa kamu evaluasi kembali nantinya

Tips!
Pastikan kamu sudah mempersiapkan terlebih dahulu barang yang diminta perusahaan dan kamu pun bisa menanyakan apa saja yang perlu dibawa pada HRD atau orang yang meminta kamu interview. 

2. Perhatikan Pakaian

Pakaian adalah hal yang perlu di perhatikan saat interview karena dengan melihat cara berpakaian seseorang pewawancara bisa tau kepribadian pelamar. 

Tips!
Berpakaian lah dengan formal dan rapi agar kamu mencerminkan memiliki attitude yang baik dengan begitu pewawancara tertarik padamu dan juga sebaliknya jangan pernah berpakaian asal asalan karena itu akan mencerminkan kamu miliki attitude yang buruk. Jadi cobalah untuk perhatikan pakaian kamu saat interview ya. 

3. Perhatikan Waktu

Waktu adalah hal yang paling penting dan berharga di dunia ini begitu pun saat interview. Jangan pernah meremehkan waktu karna telat satu menit pun kamu bisa kehilangan impian kamu loh!

Disiplin dalam interview diperlukan mengingat perusahaan pun menerapkan disiplin untuk setiap pekerjanya dengan begitu perusahaan akan maju dan jika pekerja tidak disiplin perusahaan akan mendapat kerugian. Maka dari itu cobalah perhatikan waktu jangan sampai terlambat ya.

Tips!
Pastikan kamu tahu waktu juga tempat untuk interview dan mempersiapkan diri kamu minimal satu jam sebelum interview sudah ada di tempat agar tidak terlambat. Bukankah lebih baik menunggu lama daripada telat dan berakhir begitu saja.

4. Perkenalkan Diri

Saat kamu melakukan interview silahkan memperkenalkan diri dengan baik dan percaya diri agar pihak pewawancara menaruh rasa tertarik pada kamu dan ingin mengenal lebih dalam tentang kamu. Jangan pernah ragu atau tidak percaya diri karena itu akan membuat pewawancara tidak tertarik dan cenderung meragukan kamu.

Tips!
Latih kemampuan kamu dalam memperkenalkan diri di depan cermin dan usahakan kamu menatap mata pewawancara saat interview dan juga perhatikan gerak gerik kamu agar tidak terlalu kaku. dengan begitu kamu bisa mendapatkan percaya diri saat interview. 

5. Menjawab Pertanyaan

Pertanyaan dalam interview adalah bagian paling standar dan pertanyaan biasanya mencangkup dari surat lamaran atau pengalaman kerja yang ditulis oleh pelamar. 

Apa saja pertanyaan interview kerja?

Perlu kamu pahami bidang yang kamu lamar ini jangan mencoba asal - asalan melamar karena setiap pertanyaan mencangkup dari bidang yang kamu lamar dan jawab setiap pertanyaan dengan jujur ya. 

Tips!
Lalu bagaimana cara menjawab pertanyaan? Latih kemampuan menjawab kamu mengenai hal yang paling mendasar di dalam bidang yang kamu lamar. Perhatikan dengan baik dan mengerti maksud dalam pertanyaan yang diberikan, Jangan menyela kalimat pewawancara, Jangan jawab pertanyaan hanya "iya" dan "tidak" saja berikan lah jawaban yang berkualitas dan yang terakhir jangan memperlihatkan sikap gugup dan ragu saat menjawab.

Nah itu tadi pembahasan apa saja yang harus diperhatikan oleh calon pelamar saat interview. 

Semoga Beruntung ya.


Post a Comment for "Apa Saja yang Harus Diperhatikan Saat Interview ? YUK BAHAS!"

Berlangganan via Email