Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keuntungan dan Kelebihan Domain TLD atau Berbayar

Keuntungan dan Kelebihan Domain TLD atau Berbayar
Source Images : anotherorion.com

Domain merupakan nama unik untuk mengidentifikasi server agar mudah di ingat dari pada harus mengingat berdasarkan IP (Internet Protokol) address. Domain yang unik biasanya mudah di ingat oleh orang lain dengan begitu visitor blog atau web dapat meningkat.

Lalu apa yang dimaksud domain TLD ? TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain yang artinya akhiran dalam sebuah nama domain yang mengidikasikan pemilik tingkatan tertinggi domain tersebut dan jenis domain tersebut. TLD terdiri dari Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).

Global Top Level Domain (gTLD)

Ekstensi Domain G – TLD adalah ekstensi pada akhir nama domain universal yang digunakan di seluruh dunia. Global Top Level Domain seperti berikut :

.com (dotcommercial) = Komersial
.net (dotnetwork) = Network
.gov (dotgoverment) = Pemerintahan
.org (dotorganization) = Organisasi
.edu (doteducation) = Pendidikan
.mil (dotmilitary) = Militer
.tv (dottelevision) = Televisi

Ekstensi Domain Country Specific – Top Level Domain

Ekstensi domain TLD satu ini merupakan ekstensi domain yang dibuat khusus untuk masing – masing negara di seluruh dunia. Misal, ekstensi domain .uk untuk negara kawasan Britania Raya (United Kingdom), .sg untuk negara Singapura, .my untuk negara Malaysia dan .id untuk negara Republik Indonesia.

Untuk ekstensi domain .id sendiri ada banyak macam sesuai kegunaannya, antara lain.

.id, .my.id, .web.id untuk website personal
.co.id untuk website perusahaan
.sch.id untuk website sekolah
.ac.id untuk website universitas
.or.id untuk website organisasi
.go.id untuk website pemerintahan

Lalu apa saja keuntungan dan kelebihan domain TLD ? Simak pembahasannya berikut ini.

1. Web Terlihat Lebih Profesional

Suatu web yang profesional akan mendapatkan kepercayaan dari pengunjung. Kepercayaan yang dimaksud adalah bahwa informasi yang terdapat pada web tersebut sepenuhnya terlihat meyangkinkan. Banyak web profesional menggunakan domain TLD seperti contoh facebook, instagram, amazon dan lain sebagainya. Web profesional tidak menggunakan sub domain dari wordpress ataupun blogspot.

2. Alamat Web Mudah Diingat

Nama domain TLD mudah diingat karena domain sudah banyak dikenal oleh orang banyak terutama domain COM. Dengan begitu orang lain lebih mudah mengingat apalagi jika kamu mempunyai nama domain yang unik dan berdomain TLD. Coba kamu bandingkan lebih mudah diingat mana share28s.com dengan share28s.blogspot.com ? Tentu saja lebih mudah diingat share28s.com.

3. SEO Friendly

Web yang menggunakan domain TLD akan mendapatkan reputasi yang tinggi di Search Engine sehingga hal tersebut dapat meningkatkan kualitas Search Engine Optimization website. Dengan begitu web yang baik dalam SEO akan mendapatkan ranking terbaik dalam pencarian google dan itu sangat menguntungkan karna akan menambah banyak jumlah visitor atau pengunjung.

4. Meningkatkan Harga Jual Web atau Blog

Alamat web yang memgunakan domain TLD akan meningkatkan harga jual suatu web apalagi jika nama domain tersebut memiliki kualitas yang baik di mata SEO sehingga web atau blog tersebut memiliki pengunjung atau visitor yang banyak.

5. Mendatangkan Pengiklan

Web yang menggunakan domain TLD akan terlihat profesional dan memiliki reputasi bagus dalam SEO sehingga banyak pengiklan yang tertarik untuk mempromosikan lewat web atau blog tersebut. Banyak pengiklan yang bisa kamu coba seperti Google Adsense, Yllix, Adnow, dan sebagainya.

Nah itu tadi keuntungan dan kelebihan menggunakan domain TLD atau berbayar, Jadi apakah kamu tertarik menggunakan domain TLD ? Silahkan kamu coba untuk mendapatkan manfaat dan pengalaman berbeda. Semoga bermanfaat ya pembahasan ini ^^.

Dzikri Muhammad Sopyana
Dzikri Muhammad Sopyana Silih Asih, Silih Asuh, Silih Asah. Hatur nuhun.

Post a Comment for "Keuntungan dan Kelebihan Domain TLD atau Berbayar"

Berlangganan via Email