Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Web, Desktop dan Mobile Programing

Perbedaan Web, Desktop dan Mobile  Programing

Programing merupakan sebuah proses untuk membuat sebuah program di komputer. Program tersebut berupa software, website, aplikasi android, dan lain sebagainya. Dalam sebuah pemprograman dibutuhkan proses menulis, menguji, memperbaiki (debug), dan memelihara kode.

Kali ini saya akan membahas 3 programing yang sedang populer dan diminati saat ini yaitu Web programing, Desktop programing, dan Mobile programing. 

Yuk! kita bahas 3 jenis programing tersebut, simak dibawah ini. 

Daftar isi


WEB Programing

Pertama kita bahas tentang WEB Programing. Menurut saya pribadi jenis programing ini cukup banyak di minati karena  merupakan programing yang tidak perlu ribet untuk menjalankannya bagi pemula.

WEB Programming adalah suatu proses, cara, atau pembuatan suatu program berbasis web. WEB Programing ini berorientasi pada cara kerja website secara keseluruhan (menggunakan koneksi internet) dan bahasa pemprograman yang digunakan meliputi : HTML, Javascript, PHP, CSS, dll.

Pemprograman berbasis web memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaanya. Lalu apa saja keuntungan program berbasis web?
  1. Tidak membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang bagus dan tangguh untuk menjalankan aplikasinya. 
  2. Server yang dibutuhkan cukup diinstallkan tools pendukung saja agar mempermudah klien dalam menggunakannya.
  3. Dapat diakses lewat banyak perangkat media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
  4. Bisa mengakses dimanapun kapanpun selagi terhubung ke internet dan dijalankan melalui browser.
  5. Dapat dijalankan di berbagai jenis system operasi asal sudah terinstal browser dan dijalankan melalui browser.
  6. Update aplikasi berbasis web cukup mudah dan tidak usah ribet harus membuka banyak aplikasi pendukungnya.
  7. Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.

Namun pemprograman berbasis web ini memliki kekurangan juga. Lalu apa saja kekurangan program berbasis web?
  1. Dibutuhkan system keamanan yang baik dikarenakan aplikasi dijalankan secara terpusat, sehingga apabila server di pusat down maka system aplikasi tidak bias berjalan.

Desktop Programing

Pemmrograman Desktop ialah Penulisan bahasa pemmrograman dimana hasil dari program atau aplikasi (software) yang di buat oleh programmer bisa dijalankan pada perangkat komputer seperti Komputer Desktop, Laptop, Notebook, Komputer Mainframe, maupun super komputer.

Bahasa pemprograman yang digunakan untuk Desktop Programing adalah Java, C++, C# (C sharp), F#, C, Visual Basic, dll. Dengan menggunakan salah satu bahasa tersebut kita sudah bisa membuat aplikasi desktop. 

Aplikasi Desktop adalah aplikasi berbasis desktop yang berjalan di satu atau beberapa komputer (terhubung dalam satu jaringan) secara independen dan tidak memerlukan browser atau bisa dikatakan offline, banyak hal yang di perlukan untuk menggunakan aplikasi desktop ini.

  1. Hardware yang akan digunakan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang lebih tangguh lagi.
  2. Server yang akan digunakan untuk penyimpanan data dari klien harus dengan spesifikasi yang kuat agar tidak terjadi error/hang saat diakses.

Pemprograman berbasis desktop memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaanya. Lalu apa saja keuntungan program berbasis desktop?
  1. Memiliki infrastruktur jaringan yang tidak terlalu besar karena aplikasi hanya diakses dijaringan dalam (intranet) saja sudah cukup.
  2. Dapat berjalan dengan independen, tanpa perlu menggunakan browser.
  3. Tidak perlu koneksi internet, karena semua file yang diperlukan untuk menjalankan aplikasinya sudah terinstall sebelumnya.
  4. Dapat dengan mudah memodifikasi settingannya.
  5. Prosesnya lebih cepat.

Namun pemprograman berbasis desktop ini memiliki kekurangan juga. Lalu apa saja kekurangan program berbasis desktop?
  1. Tidak dapat diakses dari jaringan luar (internet) jika ingin menunjukkan laporan yang telah diinput dan dihasilkan oleh sistem/aplikasi tersebut.
  2. Jika aplikasi yang sudah diinstall di PC maupun server, sangat susah untuk melakukan update pada sistemnya jika masih ada kekurangan dalam pengaksesannya dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  3. Apabila akan menjalankan aplikasi, harus diinstal terlebih dahulu di komputer.
  4. Bermasalah dengan lisensi. Hal ini membutuhkan lisensi yang banyak pada setiap computer
  5. Aplikasi tidak dapat dibuka di computer lain, jika belum diinstall
  6. Biasanya memerlukan hardware dengan spesifikasi tinggi.

Mobile Programing

Mobile Programing adalah pemrograman yang dibuat oleh programmer ditujukan untuk pembuatan aplikasi diperangkat mobile. Banyak platform mobile yang bisa digunakan, diantaranya iOS, BB RIM, J2ME, QT Mobile, Symbian, dan Android.

Bahasa pemprograman mobile yang digunakan tidak jauh beda dari bahasa pemprograman desktop yaitu Java, C++, Kontlin, C#, Dart, dll.

Android merupakan sistem operasi berbasis linux yang bahasa pemrograman aplikasinya dapat kita buat menggunakan java.

Aplikasi mobile adalah aplikasi yang berjalan pada perangkat mobile, namun saat ini aplikasi android sudah bisa digunakan pada perangkat lain seperti pada komputer atau laptop asalkan aplikasi dijalankan melalui software emulator android. Aplikasi mobile pun ada yang berbasis website.

Pemprograman berbasis mobile memiliki beberapa keuntungan dalam penggunaanya. Lalu apa saja keuntungan program berbasis mobile?
  1. Performa lebih cepat.
  2. Pengguna memiliki akses penuh ke perangkat mobile, seperti kamera, gesture, notification, speaker, dan fitur lainnya.
  3. Untuk beberapa aplikasi, tidak harus dioperasikan secara online.
  4. Mudah dalam pemakaian dan diakses dimana saja selama ada gadget
  5. Terkoneksi dengan gadget masing-masing

Pemprograman berbasis mobile memiliki beberapa kekurangan dalam penggunaanya. Lalu apa saja kekurangan program berbasis mobile?
  1. Terbatas mencapai sebuah aplikasi terbatas jangkauan sebagai aplikasi yang berbeda diperlakukan untuk platform yang berbeda seperti IPhone atau Android.
  2. Upgrade pengguna harus mendownload untuk memiliki aplikasi terbaru.
  3. Semakin update sebuah program aplikasi membutuhkan kualitas spesifikasi mobile yang bagus dan terbaru.

Tips

Setiap pemrograman memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing sehingga tidak ada system yang sempurna, jika kamu ingin mempelajari jenis pemprograman di atas di sarankan untuk fokus pada satu jenis saja jangan semua ingin kamu kuasai karna berdasarkan pengalaman saya, untuk satu jenis saja sudah sangat sulit apa lagi semua jenis haha, tapi jika kamu sanggup silahkan saja untuk mencoba. 

Nah itu tadi pembahasan singkat mengenai perbedaan web, desktop dan mobile programing. Apakah kamu tertarik mencoba dari salah satu programing tersebut? Ayo! coba untuk menambah pengalaman kamu di bidang programing. Semoga bermanfaat!.


        Dzikri Muhammad Sopyana
        Dzikri Muhammad Sopyana Silih Asih, Silih Asuh, Silih Asah. Hatur nuhun.

        Post a Comment for "Perbedaan Web, Desktop dan Mobile Programing"

        Berlangganan via Email