Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jurusan Ilmu Komputer - Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Jurusan Ilmu Komputer - Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya
dok. Hacktiv8

Daftar Isi
Jurusan Ilmu Komputer adalah salah satu jurusan kuliah yang diminati oleh banyak calon mahasiswa baru saat ini. Apakah kamu termasuk calon mahasiswa tersebut? kalo iya, saya akan memberikan informasi seputar jurusan ilmu komputer di dalam artikel ini, jadi simak penjelasannya ya.

Pengertian Ilmu Komputer

Apa itu ilmu komputer? Secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Dalam bahasa inggris ilmu komputer disebut Computer Science.

Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritme sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. 

Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware).

Kenapa Harus Memilih Jurusan Ilmu Komputer?

Alasan utama jurusan ini kenapa harus kamu pilih yaitu karena perkembangan teknologi yang terus berkembang dengan pesat dari masa ke masa membuat banyak sekali peluang terciptanya lapangan kerja terutama di bidang Ilmu Komputer, pekerjaan yang ditawarkan memiliki gaji yang menggiurkan. 

Era revolusi industri 4.0 saat ini, banyak lapangan pekerjaan yang membutuhkan lulusan jurusan ilmu komputer. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah, BUMN, swasta, perusahaan start-up dan bahkan kamu juga bisa mendirikan perusahaan start up sendiri jika ingin berkontribusi menciptakan lapangan kerja. 

Prospek Lulusan Jurusan Ilmu Komputer

Peluang karier yang menanti lulusan Ilmu Komputer sekarang ini banyak sekali. Hampir seluruh sektor membutuhkan lulusan jurusan Ilmu Komputer agar dapat bertahan dan bersaing di era revolusi industri digital 4.0. 

Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan Ilmu Komputer berada pada kisaran Rp5.000.000, dengan pekerjaan dari bidang tertentu di suatu perusahaan. Besaran ini sangat bergantung pada kemampuan dan pengalaman yang kamu dimiliki, area tempatmu bekerja, posisi saat bekerja.

Seorang lulusan Ilmu Komputer memiliki prospek kerja yang cukup mumpuni karena saat ini industri teknologi digital tengah berkembang pesat di dunia, dan hampir semua perusahaan memerlukan tenaga ahli IT yang dapat membantu memecahkan masalah terkait di bidang komputer baik itu dari sisi perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).

Karier Lulusan Jurusan Ilmu Komputer

  • Developer Software, Aplikasi
  • Web Developer
  • Front End Developer
  • Full Stack Developer
  • Programmer Komputer
  • Web Desainer
  • Back End Developer
  • Java Programmer
  • Game Programmer / Game Developer
  • Konsultan IT
  • Data Scientist
  • Programmer (Software Developer)
  • Dosen
  • Guru
  • Technopreneur

Informasi Seputar Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

Program Ilmu Komputer berlangsung selama 4 tahun atau 8 semester. Program Sarjana mempelajari tentang teori ilmu pengetahuan sistem informasi dan computer programming agar bisa membuat sebuah komputer bisa berjalan sesuai fungsinya. Sedangkan Program MA atau PhD mempelajari subjek yang lebih spesifik.
 
Materi dasar yang diajarkan di jurusan ini yaitu algoritma,  materi ini mengajar kamu berfikir secara sistematis dan melakukan tahap demi tahap agar komputer mampu melakukan berbagai hal yang diinginkan user. Lalu algoritma tadi diterjemahkan menjadi kode-kode di bahasa pemrograman. 

Mahasiswa jurusan ini harus memiliki logika yang kuat, kemampuan matematika yang baik, detail, teliti, kreatif serta mampu menganalisis setiap persoalan yang ada.

Jurusan Terkait Ilmu Komputer

  • Teknik Informatika
  • Cyber Security
  • Sistem Informasi (Manajemen Informatika)
  • Teknik Komputer (Computer Engineering)

Mata Kuliah Jurusan Ilmu Komputer

  1. Mobile Progamming
  2. Sistem Otomasi
  3. Teknologi Mikrotik
  4. Matematika Komputasi
  5. Aljabar Linear Matriks
  6. Sistem Instrumentasi
  7. Sistem Operasi
  8. Metode Numerik
  9. Analisis Perancangan Sistem.
  10. Teori dan Bahasa Automata
  11. Rekayasa Perangkat Lunak
  12. Sistem Digital
  13. Jaringan Komputer
  14. Data Science and Analytics
  15. Desain
  16. Analisis Algoritma
Banyak perguruan tinggi di indonesia yang memiliki jurusan ilmu komputer salah satunya yaitu perguruan tinggi di ambon. Jadi, kalau kamu benar-benar ingin mengambil jurusan Ilmu Komputer di kampus bergengsi, persiapkan dirimu dengan baik! Setelah lulus dan menyandang gelar Sarjana Ilmu Komputer, kamu juga bisa melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana. 

Post a Comment for "Jurusan Ilmu Komputer - Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya"