Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

#NgeBlogDariRumah : Hobi Baru Selama di Rumah


Masa pandemi masih belum berakhir hingga saat ini di tahun 2021 masih banyak kasus orang yang terpapar virus Covid-19, oleh sebab itu banyak sekali orang yang terkena dampak di masa pandemi. Sebagai seorang mahasiswa tentu saya pun juga terkena dampaknya sehingga mengharuskan kuliah daring atau kuliah online. 

Pada masa pandemi ini membuat saya harus terus berada di rumah, sehingga saya hanya bisa menghabiskan banyak waktu di dalam rumah. Jujur awal beradaptasi untuk tetap berada di rumah ini sangat membosankan karna kita tidak bisa berkumpul bersama teman ataupun sekedar jalan - jalan menelusuri jalanan kota tanpa harus takut terpapar virus. 

Saya sempat berpikir untuk melakukan kegiatan yang produktif di masa pandemi ini, karena dengan begitu saya bisa sedikit membantu keuangan orang tua yang saat ini sudah pensiun dan sekarang keluarga kami hidup dengan uang tunjangan pensiun ayah. Oleh karena itu saya mencoba mencari jenis pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan secara online oleh mahasiswa.

Saat saya mencari freelance di internet, banyak sekali jenis freelance yang direkomendasikan untuk mahasiswa di masa pandemi ini. Dari banyak freelance yang direkomendasikan saya memilih untuk menjadi seorang penulis blog  dan #ngeblogdarirumah


NgeBlogDariRumah #1: Awal Saya Tertarik Menjadikan Menulis Blog Sebagai Hobi


Saya sudah mulai mencoba menulis blog di tahun 2016 namun pada saat itu menulis blog bukan salah satu hobi saya, tulisan artikelnya pun masih terbilang sedikit dan kurang bagus karena saya hanya menulis sesuka hati saya tanpa memperhatikan tata cara penulisan yang benar. 

Pada tahun 2020 saat pandemi dimulai di indonesia dan mengharuskan saya untuk tetap selalu berada di rumah, rasa bosan mulai terasa setelah 3 bulan berada di rumah. Saya mulai berpikir untuk mencoba hal - hal yang belum pernah dicoba sebelumnya selama di rumah.

Banyak hal baru yang saya coba saat itu, namun saya tetap merasa bosan dan merasa kegiatan yang dilakukan tidak produktif. Oleh karena itu saya mencoba mencari informasi pekerjaan freelance yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa seperti saya di masa pandemi. 

Banyak pekerjaan yang direkomendasikan di google, dari banyak freelance yang ditawarkan saya lebih tertarik dengan freelance sebagai penulis blog. Dulu saya tidak tau kalo menulis blog merupakan kegiatan produktif  yang menghasilkan manfaat dan uang.

Lalu saya mencoba membuka facebook dan join grup komunitas blogger indonesia dengan niatan bisa mendapatkan ilmu dari para blogger lainnya. Dari grup tersebut banyak para blogger yang berbagi ilmu dan pengalamannya sebagai penulis blog, ada juga beberapa blogger lainnya yang menunjukan hasil kerja kerasnya seperti memperlihatkan jumlah pengunjung dan penghasilan mereka yang banyak. 

Tidak hanyak itu, di dalam grupnya pun banyak orang yang mencari jasa penulis blog dan jasa lainnya yang berkaitan dengan kegiatan blogger. Dari situ rasa penasaran dan keinginan tahuan pun mulai muncul dalam diri saya mengenai cara menjadi penulis blog yang benar dalam membuat artikel.

Seiring berjalannya waktu saya mulai belajar banyak hal tentang menulis blog artikel yang benar dan saya belajar melalui grup komunitas facebook, artikel blog, dan youtube. Setelah itu saya baru mengimplementasikan hasil belajar ke tulisan artikel blog milik sendiri. Ketika tulisan saya dirasa sudah cukup bagus, saya mencoba membuka jasa penulisan artikel blog untuk orang lain.

Hasilnya cukup memuaskan beberapa orang suka dengan tulisan saya, namun pada saat itu tidak banyak tulisan artikel yang saya kerjakan untuk orang lain. Saya berpikir lebih baik menulis artikel di blog sendiri karena mungkin akan lebih menguntungkan dibandingkan harus menjualnya.

Hingga saat ini saya hanya menulis artikel di blog sendiri dan kegiatan #ngeblogdarirumah menjadi hobi baru saya selama ada di rumah.

NgeBlogDariRumah #2: Modal Saya Menjadi Seorang Penulis Blog


Modal yang dimaksud disini adalah modal yang dimiliki dalam diri bukan modal yang harus mengeluarkan biaya, karena pada dasarnya membuat blog itu gratis. Modal yang disiapkan dalam diri saya  untuk menjadi seorang penulis yaitu

  • Kemauan 

Point pertama ini sangat penting dan sangat melekat pada diri saya, Kemauan yang dimaksud adalah kemauan untuk belajar menulis dengan benar, agar tulisan bisa dapat dipahami oleh pembaca. Selain itu kemaun lainnya adalah kemauan untuk banyak membaca, dengan tujuan memperbanyak kosa kata.

  •  Pengetahuan Dasar Teknik SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara untuk mengoptimalkan situs blog agar masuk pada peringkat teratas di pencarian google. Semenjak blog saya menggunakan teknik ini pembacanya pun mulai meningkat dengan sendirinya. Teknik dasar yang saya gunakan adalah riset kata kunci, optimasi on page, dan optimasi off page.

  • Mampu Menganalisa Blog Kompetitor

Setiap saya ingin membuat satu judul artikel, hal yang terlebih dahulu saya lakukan adalah menganalisa blog milik kompetitor. Hal ini dilakukan agar nantinya artikel blog yang saya miliki bisa lebih unggul dikarenakan lebih banyak informasi yang disampaikan dan tentunya sangat menarik dibandingkan dengan artikel yang lain. Sehingga banyak orang lebih memilih membaca artikel di blog saya.

  • Selalu Update 

Saya selalu update berita atau informasi yang terjadi di masa sekarang karena sebagian besar orang akan mencari informasi terkini, oleh karena itu tulisan artikel saya tidak akan pernah ketinggalan jaman. Jika artikel ketinggalan jaman atau tidak diperbaharui maka hal yang akan terjadi pada blog yaitu pembaca akan sangat berkurang bahkan tidak ada sama sekali. 

  • Mempunyai Kreatifitas

Dalam menulis artikel, saya selalu memasukan ide kreatif yang saya miliki karena menurut saya penulis yang memiliki kreatifitas akan selalu menghindari kegiatan copy paste dari artikel lain sehingga artikel yang dibuat menjadi lebih natural dan berbeda. Dengan begitu pembaca akan betah berlama-lama berada di dalam blog.

  • Konsisten

Seorang penulis harus mampu mengelola blog agar tetap menampilkan artikel yang menarik setiap waktunya, oleh sebab itu saya selalu konsisten dalam membuat artikel dan mempublikasikannya di waktu tertentu. Blog yang konsisten menampilkan artikel menarik akan disukai oleh mesin pencarian seperti google.

  • Tidak Mudah Menyerah

Point terakhir modal yang harus dimiliki penulis yaitu tidak mudah menyerah. Sedikit cerita pengalaman dari saya, dulu saya merasa apa yang dilakukan tidak terlihat hasilnya. Namun, saya tidak mudah menyerah begitu saja dan ternyata apa yang saya lakukan dulu butuh sebuah proses untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan sekarang hasilnya pun sudah mulai saya rasakan. 

NgeBlogDariRumah #3: Manfaat dan Keuntungan yang Saya Dapat Setelah Menjadi Penulis Blog


Selama membuat blog dari rumah tentunya ada manfaat dan keuntungan yang saya dapatkan yaitu

Manfaat Selama Menjadi Penulis Blog

  1. Dapat membantu memberikan jawaban terhadap permasalahan orang lain.
  2. Dapat mengasah skill dan keterampilan dalam menulis.

Keuntungan Selama Menjadi Penulis Blog

  1. Mendapatkan banyak relasi dan kenalan baru.
  2. Dapat berkerja secara fleksibel sehingga bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun.
  3. Dapat menghasilkan uang yang cukup lumayan besar dari hasil content placement, paid promote, dan iklan adsense.

NgeBlogDariRumah #4: Suka dan Duka Selama Menjadi Penulis Blog


Sukanya apa saja selama #ngeblogdarirumah? Menurut saya hal yang paling saya suka dan berkesan selama menulis adalah ketika banyak orang terbantu dengan tulisan saya. Banyak pembaca yang menyampaikan rasa terimakasih dengan cara berkomentar atau mengirimi saya email. 

Ketika para pembaca menyampaikan rasa berterimakasihnya, saya merasa sangat senang dan seakan rasa lelah saya terbayarkan karena tulisan saya bisa berguna bagi banyak orang. 

Lalu dukanya apa saja selama #ngeblogdarirumah? Kejadian duka yang paling saya ingat yaitu ketika artikel yang saya tulis dengan kreatif harus dicopy paste oleh orang lain dan itu sangat menyebalkan bagi saya.

Selain itu saya juga pernah mengalami aktifitas jingling dari orang yang tidak bertanggung jawab. jingling merupakan salah satu cara untuk menaikkan traffic blog menggunakan robot, traffic ini sangat merugikan bagi pendapatan saya karena saat itu iklan adsense harus mengalami pembatasan iklan.

7 comments for "#NgeBlogDariRumah : Hobi Baru Selama di Rumah "