Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Jurusan TKR
Daftar Isi

Apa Itu Jurusan TKR?

Pengertian Jurusan TKR - Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) adalah salah satu program studi yang ditawarkan di bidang teknik mesin. Jurusan ini mempelajari tentang pembuatan, perawatan, dan perbaikan kendaraan ringan. Kendaraan ringan di sini maksudnya adalah kendaraan yang memiliki roda tidak lebih dari empat, seperti mobil dan motor.

Jurusan Teknik Kendaraan Ringan merupakan pilihan yang tepat bagi para siswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang teknik mesin, serta memiliki kemampuan untuk bekerja secara teliti dan cermat. Selain itu, siswa yang memilih jurusan ini juga harus memiliki kemampuan problem solving yang baik, serta mampu bekerja secara efektif dalam tim.

Apa yang dipelajari di jurusan TKR?

Di jurusan Teknik Kendaraan Ringan, peserta didik akan mempelajari berbagai materi yang terkait dengan pembuatan, perawatan, dan perbaikan kendaraan ringan. Beberapa materi dengan keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari dalam jurusan ini meliputi:
  1. Memahami dasar-dasar mesin. 
  2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam. 
  3. Mempelajari sistem transmisi.
  4. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi. 
  5. Menginterpretasikan gambar teknik. 
  6. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja. 
  7. Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools). 
  8. Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja. 
  9. Memperbaiki sistem hidrolik dan kompresor udara. 
  10. Melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan. 
  11. Melakukan overhaul sistem pendingin dan komponen– komponennya. 
  12. Memelihara/servis sistem bahan bakar bensin. 
  13. Memperbaiki sistem injeksi bahan bakar diesel. 
  14. Memeliharaan/servis engine dan komponen-komponen- nya. 
  15. Memperbaiki unit kopling dan komponen-komponen sistem pengoperasian. 
  16. Memelihara transmisi. 
  17. Memelihara unit final drive/ garden. 
  18. Memperbaiki poros penggerak roda. 
  19. Memperbaiki roda dan ban. 
  20. Memperbaiki sistem rem. 
  21. Memperbaiki sistem kemudi.
  22. Memperbaiki sistem suspensi. 22. 
  23. Memelihara baterai.
  24. Memperbaiki kerusakan ringan pada rangkaian/ sistem kelistrikan, pengaman dan kelengkapan tambahan. 
  25. Memperbaiki sistem pengapian. 
  26. Memperbaiki sistim starter dan pengisian.
  27. Memelihara/servis sistem AC (Air Conditioner).

Kuliah lulusan jurusan TKR SMK

Lulusan teknik kendaraan ringan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan perawatan, perbaikan, dan pemeliharaan kendaraan ringan. Mereka bisa melanjutkan studi ke jurusan yang berhubungan dengan kendaraan ringan, seperti teknik mesin, teknik otomotif, atau teknik transportasi. Selain itu, lulusan teknik kendaraan ringan juga bisa memperoleh bekal yang cukup untuk bekerja di industri otomotif atau bidang lain yang terkait dengan kendaraan ringan. 

Biaya kuliah jurusan TKR

Biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah biaya yang dibayarkan mahasiswa untuk mengikuti kuliah di suatu perguruan tinggi. Biaya UKT bisa bervariasi tergantung pada perguruan tinggi yang Anda pilih, tingkat studi yang Anda ambil, dan jurusan yang Anda pilih. 

Oleh karena itu, Anda perlu menghubungi perguruan tinggi terkait atau melihat informasi yang tersedia di situs web perguruan tinggi tersebut untuk mengetahui biaya UKT jurusan teknik mesin, teknik otomotif dan teknik transportasi. Sebagai referensi, berikut ini adalah beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan jurusan teknik mesin, teknik otomotif dan teknik transportasi, beserta biaya UKT yang ditawarkan (informasi ini bisa berubah setiap tahun):
  1. Universitas Indonesia (UI): Rp 23.000.000 - Rp 25.000.000 per semester
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB): Rp 22.500.000 - Rp 25.500.000 per semester
  3. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS): Rp 22.000.000 - Rp 24.000.000 per semester
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM): Rp 23.000.000 - Rp 25.000.000 per semester
Untuk informasi yang lebih akurat dan terbaru, Anda bisa menghubungi perguruan tinggi terkait atau melihat informasi yang tersedia di situs web perguruan tinggi tersebut.

Jurusan TKR kerja jadi apa?

Setelah lulus dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan, lulusan dapat bekerja di berbagai bidang yang terkait dengan perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor yang berukuran kecil, seperti motor, mobil, dan truk ringan. Beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan jurusan ini antara lain:
  1. Mekanik: Lulusan dapat bekerja sebagai mekanik di bengkel-bengkel kendaraan, di pabrik-pabrik yang memproduksi kendaraan, atau di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kendaraan. Tugas utama mekanik adalah melakukan perbaikan dan perawatan terhadap kendaraan yang datang ke bengkel, sesuai dengan keluhan yang diberikan oleh pelanggan.
  2. Modifikator: Lulusan dapat berkerjan sebagai modifikator kendarangan ringan. Seorang modifikator bertanggung jawab untuk melakukan modifikasi atau kustomisasi di beberapa bagian kendaraan sesuai dengan permintaan klien. Salah satu contoh tugasnya adalah mengganti spion, pelek, jok, dan lain-lain. Sebagai modifikator, kamu bisa bekerja di bengkel modifikasi ataupun membangun bengkel secara mandiri.
  3. Teknisi: Lulusan dapat bekerja sebagai teknisi di bengkel-bengkel kendaraan, di pabrik-pabrik yang memproduksi kendaraan, atau di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kendaraan. Tugas utama teknisi adalah melakukan diagnosa kerusakan pada kendaraan, serta memperbaiki kendaraan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
  4. Pegawai Industri Otomotif: Lulusan dapat  bekerja di berbagai pabrik perusahaan tersebut dengan menjadi operator produksi, operator perakitan, dan operator Quality Control (QC).
  5. Asisten teknik: Lulusan dapat bekerja sebagai asisten teknik di bengkel-bengkel kendaraan, di pabrik-pabrik yang memproduksi kendaraan, atau di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kendaraan. Tugas utama asisten teknik adalah membantu mekanik atau teknisi dalam melakukan perbaikan dan perawatan terhadap kendaraan.
  6. Supervisor bengkel: Lulusan dapat bekerja sebagai supervisor bengkel di bengkel-bengkel kendaraan, di pabrik-pabrik yang memproduksi kendaraan, atau di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kendaraan. Tugas utama supervisor bengkel adalah mengawasi kegiatan perbaikan dan perawatan yang dilakukan oleh mekanik dan teknisi, serta memastikan bahwa semua pekerjaan dilakukan dengan baik dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Berapa gaji lulusan TKR?

Gaji lulusan jurusan Teknik Kendaraan Ringan bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi tempat bekerja, tingkat pengalaman, dan tingkat kemampuan yang dimiliki. Namun secara umum, lulusan jurusan ini dapat memperoleh gaji yang cukup tinggi, terutama jika mereka bekerja di bidang yang terkait dengan perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor yang berukuran kecil.

Menurut data dari situs lowongan kerja, gaji lulusan jurusan Teknik Kendaraan Ringan di Indonesia berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulan. Namun gaji tersebut bisa saja lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan sebelumnya.

Untuk memperoleh gaji yang lebih tinggi, lulusan jurusan ini dapat mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kendaraan yang memiliki reputasi baik, atau mencari pekerjaan di luar negeri yang memiliki standar gaji yang lebih tinggi. Selain itu, lulusan jurusan ini juga dapat terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang ini, sehingga dapat lebih mudah memperoleh pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi.

Kelebihan jurusan TKJ

  1. Peluang kerja yang cukup luas: Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang yang terkait dengan perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor yang berukuran kecil, seperti di bengkel-bengkel kendaraan, di pabrik-pabrik yang memproduksi kendaraan, atau di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kendaraan.
  2. Gaji yang cukup tinggi: Lulusan jurusan ini dapat memperoleh gaji yang cukup tinggi, terutama jika mereka bekerja di bidang yang terkait dengan perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor yang berukuran kecil.
  3. Peluang untuk terus belajar: Karena teknologi kendaraan bermotor terus berkembang, lulusan jurusan ini memiliki peluang yang cukup besar untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang ini.

Kekurangan Jurusan TKJ

  1. Bekerja dengan posisi yang bersifat fisik: Lulusan jurusan ini harus siap untuk bekerja dengan posisi yang bersifat fisik, karena tugas utamanya adalah melakukan perbaikan dan perawatan terhadap kendaraan.
  2. Bekerja dengan jam kerja yang tidak teratur: Lulusan jurusan ini harus siap untuk bekerja dengan jam kerja yang tidak teratur, karena pekerjaan di bidang ini bisa terjadi kapan saja, tergantung pada kebutuhan pelanggan.
  3. Membutuhkan kemampuan yang cukup tinggi: Lulusan jurusan ini harus memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam bidang teknik, karena tugas utamanya adalah melakukan perbaikan dan perawatan terhadap kendaraan.
  4. Resiko terkena bahan kimia dan bahan berbahaya: Lulusan jurusan ini harus siap untuk bekerja dengan resiko terkena bahan kimia dan bahan berbahaya, karena dalam melakukan perbaikan dan perawatan terhadap kendaraan, seringkali diperlukan bahan-bahan tersebut.
  5. Kebisingan: Lulusan jurusan ini harus siap untuk bekerja dengan kebisingan yang cukup tinggi, karena dalam melakukan perbaikan dan perawatan terhadap kendaraan, seringkali diperlukan alat-alat yang bising.

                                                    Posting Komentar untuk "Mengenal Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)"