Widget HTML #1

Pertanyaan Seputar Komputer Bagian 1

Pertanyaan Seputar Komputer Bagian 1
Freepik.com


1. Komputer terdiri dari perangkat keras yang meliputi berikut ini, kecuali

a. Keyboard

b. CPU

c. Mouse

d. Memory


2. Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam komputer adalah

a. Perangkat input

b. Media penyimpan

c. Perangkat output

d. Perangkat pemproses


3. Harddisk, CD, DVD, USB Flashdisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai

a. Perangkat input

b. Media penyimpan

c. Perangkat output

d. Perangkat pemproses


4. Peralatan komputer berupa papan ketik yang berfungsi memasukkan data, angka, dan karakter serta menjalankan perintah pada komputer adalah

a. Mouse

b. Scanner

c. Joystik

d. Keyboard


5. Pengoperasian mouse dengan mengarahkan pointer mouse pada objek lalu tekan dan tahan tombol kiri mouse sambil gerakkan mouse ke tempat yang diiginkan lalu lepaskan disebut

a. Click

b. double click

c. Drag

d. Right click


6. Tombol pada keyboard yang digunakan untuk menampilkan angka dan tanda baca adalah

a. Function key

b. Numeric keypad

c. Type read

d. Type writer


7. Berikut ini yang termasuk perangkat output adalah

a. Mouse

b. Keyboard

c. Monitor

d. CPU


8. Jenis memory yang hanya bisa membaca data saja adalah 

a. RAM

b. ROM

c. Memory card

d. Hardisk


9. Perangkat output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemprosesan data dalam bentuk softcopy adalah

a. Monitor

b. Printer

c. Speaker

d. Mikrofon


10. Hardware dalam sistem komputer adalah

a. Orang yang menggunakan komputer

b. Proses memasukkan data untuk membrikan perintah pada komputer

c. Komponen yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu kesatuan sehingga dapat difungsikan

d. Suatu program yang berisikan intruksi yang dimengerti komputer


Pembahasan

  1. Memory sendiri bukan merupakan perangkat keras komputer, melainkan perangkat lunak yang menyimpan data sementara yang diperlukan saat komputer dijalankan.
  2. Perangkat input komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer. Perangkat input ini termasuk seperti keyboard, mouse, scanner, mikrofon, webcam, touchpad, joystick, gamepad, dan lain-lain.Media penyimpan. 
  3. Media penyimpanan adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah besar pada komputer. Media penyimpanan ini dapat berupa Harddisk, CD, DVD, USB Flashdisk.
  4. Keyboard adalah perangkat input komputer yang digunakan untuk mengetik dan menginput data ke dalam sistem komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol yang mewakili huruf, angka, simbol, dan fungsi khusus. 
  5. Operasi drag (atau "drag and drop") adalah sebuah fitur yang digunakan untuk memindahkan atau menyalin data atau file dari satu lokasi ke lokasi lain pada komputer. Fitur ini biasanya digunakan dengan mengklik sebuah file atau folder dengan tombol mouse, menahan tombol tersebut saat menyeret (drag) objek tersebut ke lokasi tujuan, dan melepaskan tombol mouse untuk menempatkan atau menyalin objek tersebut di lokasi yang dituju.
  6. Numeric keypad atau keypad angka adalah bagian dari keyboard komputer yang terletak di sebelah kanan keyboard dan digunakan untuk memasukkan angka dan simbol-simbol matematika.
  7. Monitor adalah perangkat keras output pada komputer yang digunakan untuk menampilkan informasi visual. Monitor terhubung ke komputer melalui kabel (seperti HDMI, VGA, atau DisplayPort) dan menggunakan teknologi seperti LCD atau CRT untuk menampilkan gambar pada layar.
  8. ROM (Read-Only Memory) adalah jenis memori yang digunakan untuk menyimpan data yang tidak dapat diubah atau dihapus, hanya dapat dibaca saja.
  9. Perangkat output yang berfungsi mengeluarkan hasil pemprosesan data dalam bentuk softcopy adalah monitor atau layar. Monitor terhubung ke komputer melalui kabel (seperti HDMI, VGA, atau DisplayPort) dan menggunakan teknologi seperti LCD atau CRT untuk menampilkan gambar pada layar.
  10. Hardware adalah segala perangkat fisik yang digunakan pada komputer seperti CPU, RAM, motherboard, hard drive, monitor, keyboard, mouse dan lain-lain. Hardware merupakan bagian yang dapat dipegang, dilihat dan dirasakan dari sebuah komputer. 

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Seputar Komputer Bagian 1"