Widget HTML #1

Pertanyaan seputar komputer bagian 2



1. Printer yang dapat mencetak gambar atau karakter dengan menggunakan alat yang dapat memancarkan tinta pada kertas adalah

a. Daisy wheel

b. Dot matrix

c. Laserjet

d. Inkjet


2. (gambar printer) Gambar disamping termasuk kelompok

a. Input device

b. Output device

c. Proses

d. Storage device


3. Perangkat komputer yang bisa disebut juga mikroprosesor adalah

a. Monitor

b. Mouse

c. CPU

d. Printer


4. Tombol Caps Lock pada keyboard berfungsi untuk

a. Mengunci tombol angka

b. Mengunci penggulung layar

c. Mematikan komputer secara otomatis

d. Mengunci huruf kapital / besar


5. Di bawah ini adalah fungsi dari input devices adalah

a. Memasukkan data dan program yang akan diproses komputer

b. Perintah untuk menjalankan operasi data

c. Sebagai keluaran hasil proses

d. Menyimpan data dan program


6. Fungsi utama dari sistem operasi adalah

a. Mengendalikan kinerja komputer secara mendasar

b. Digunakan untuk menjalankan program yang bersifat spesifik

c. Membantu kinerja komputer

d. Membuat sistem operasi dengan menggunakan bahasa pemprograman


7. Program yang digunakan untuk membantu mengatasi gangguan jalannnya komputer yang terjadi pada software adalah

a. Sistem operasi

b. Program bantu

c. Paket program

d. Program aplikasi


8. Perangkat komputer yang berupa perintah atau instruksi yang mengendalikan komputer disebut dengan

a. Hardware

b. Software

c. Harddisk

d. Brainware


9. Berikut adalah contoh software sistem operasi, kecuali

a. Linux

b. Windows XP

c. Windows XP

d. Corell Draw


Pembahasan

  1. Printer inkjet adalah jenis printer yang menggunakan teknologi mencetak dengan memancarkan tinta melalui nozzle atau lubang kecil pada print head, kemudian menyebar pada kertas untuk membentuk gambar atau karakter. 
  2. Printer dapat diklasifikasikan sebagai perangkat output (output device) karena fungsinya adalah untuk mengeluarkan (output) hasil cetak dari komputer. Output device adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan atau mencetak hasil proses dari komputer. 
  3. CPU juga dikenal sebagai mikroprosesor, yaitu chip elektronik yang berisi semua komponen yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan data. 
  4. Tombol Caps Lock adalah tombol pada keyboard komputer yang digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode huruf besar (uppercase). Saat mode ini diaktifkan, semua huruf yang diketik akan ditampilkan dalam huruf besar, sementara saat mode ini dinonaktifkan, huruf yang diketik akan ditampilkan dalam huruf kecil. 
  5. Input device adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data dan program ke dalam komputer. Input device berfungsi untuk mengubah informasi yang diperoleh dari dunia luar menjadi sinyal yang dapat dipahami oleh komputer. Beberapa contoh input device adalah keyboard, mouse, scanner, microphone, dan kamera. 
  6. Sistem operasi (OS) adalah perangkat lunak yang bertanggung jawab untuk mengendalikan kinerja komputer secara mendasar. OS merupakan perangkat lunak yang paling penting pada komputer, yang memungkinkan komunikasi antara perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi. 
  7. Program yang digunakan untuk membantu mengatasi gangguan jalannya komputer yang terjadi pada software adalah seperti: Antivirus, Anti-malware, Diagnostics tools, Troubleshooters, System restore,Disk cleanup,System recovery.
  8. Perangkat komputer yang berupa perintah atau instruksi yang mengendalikan komputer disebut dengan perangkat lunak (software). Perangkat lunak ini terdiri dari berbagai jenis program yang digunakan untuk melakukan berbagai tugas, seperti sistem operasi, aplikasi, driver, dan lain-lain.
  9. CorelDRAW adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk desain grafis vektor. CorelDRAW merupakan salah satu dari software desain grafis yang populer digunakan untuk desain logo, poster, brochure, ilustrasi, dan lain-lain. 

Posting Komentar untuk "Pertanyaan seputar komputer bagian 2"