Widget HTML #1

Simak Pengertian Drive CD-ROM dan CD-ROM


Drive CD-ROM merupakan termasuk bagian dari komponen komputer yang tentunya memiliki fungsi penting di dalamnya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai seputar Drive CD-ROM dan CD-ROM, silahkan simak penjelasan lengkapnya di bawah ini :

Daftar Isi

Pengertian CD - ROM dan Drive CD-ROM


Apa itu Drive CD-ROM? Drive CD-ROM adalah komponen perangkat keras atau hardware pada komputer yang berfungsi untuk membaca data piringan CD-ROM. 

Apa itu CD-ROM? CD-ROM singkatan atau kepanjangan (akronim) dari Compact Disc Read Only Memory adalah sebuah cakram padat dari jenis cakram optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Sementara itu ROM, dapat berfungsi dalam menyimpan program secara permanen. Hal ini berarti penyimpanan tersebut dilakukan saat awal mengunduk program kemudian hanya dapat membacanya saja tanpa dapat mengubahnya. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

Perkembangan CD - ROM saat ini memungkinkan CD untuk dapat ditulisi beberapa kali (Re-Write/RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW. Tentu CD-ROM dan CD-RW berbeda, jika dipahami dari pengertiannya saja sudah beda yaitu "Read Only Memory (ROM)" yang memiliki arti hanya bisa membaca saja dan "Re-Write (RW)" yang memiliki arti bisa membaca dan menulis. 

Gambar CD-ROM
Gambar Drive CD-ROM 

Gambar CD-ROM
Gambar CD-ROM

Sejarah Singkat CD-ROM


Compact disc pertama kali dikembangkan oleh Philips dan Sony pada tahun 1982. Denon memperluas format CD-DA ( compact disc digital audio ) untuk membuat format CD-ROM, memungkinkannya menyimpan data apa pun dan tidak hanya audio. Pada tahun 1984, Denon dan Sony memperkenalkan format CD-ROM kepada publik di sebuah pameran komputer Jepang. Sistem operasi Windows 3.1 adalah versi pertama yang didistribusikan menggunakan perangkat CD-ROM.

Disk CD-ROM pertama yang diperkenalkan ke publik memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 553 MB. Saat ini, disk CD-ROM standar dapat menyimpan hingga 700 MB data, atau audio selama 80 menit. Disk CD-ROM non-standar juga ada yang menyimpan hingga 900 MB data, atau 99 menit audio. 

Fungsi CD-ROM


Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fungsi dari CD-ROM adalah untuk menyimpan data dan data tersebut akan dibaca komputer menggunakan drive CD-ROM. Biasanya drive CD-ROM akan membaca dan melakukan aksi penginstalan perangkat lunak seperti OS, Game, Software atau sejenisnya yang terdapat pada CD-ROM. Kegunaan lain drive CD-ROM yaitu dapat melakukan pemutaran musik yang terdapat pada CD-ROM.

Jenis - Jenis Drive CD-ROM


Di bawah ini adalah jenis-jenis drive CD-ROM yang memungkinkan CD-ROM dapat terhubung ke komputer :
  • IDE/ATA - Salah satu antarmuka yang paling umum digunakan untuk drive disk.
  • Panasonic - Antarmuka berpemilik yang lebih lama.
  • Paralel - Antarmuka yang digunakan dengan drive CD-ROM eksternal lama.
  • PCMCIA ( PC Card ) - Antarmuka terkadang digunakan untuk menghubungkan drive disk eksternal ke komputer laptop .
  • SATA - Mengganti IDE sebagai standar baru untuk menghubungkan drive disk.
  • SCSI - Antarmuka umum lainnya yang digunakan dengan disk dan drive disk.
  • USB - Antarmuka yang paling umum digunakan untuk menghubungkan drive disk eksternal.

Jenis - Jenis CD-ROM


Berikut adalah jeni-jenis CD-ROM yang beredar di pasaran:

TDK Veldoc

TDK merupakan produsen CD-ROM yang baru di beberapa tahun belakangan ini. Namun teknologi yang ditawarkan sudah tergolong mutakhir.

Kemampuan CD-ROM yang dimiliki TDK dapat membaca 16x. Dan untuk CD-RWnya dapat mencapai kecepatan menulis 9x dan membaca 40x.

Hal ini tergolong cepat untuk ukuran produsen CD-ROM yang baru muncul di pasaran. Animo masyarakat pun lumayan banyak akan kehadiran di CD-ROM TDK Veldoc ini.

Hewlett Packard

Merupakan salah satu produsen CD-RW tertua di dunia, Hewlett Packard kini memprodukasi HP Surestore. Hewlett Packard Saat ini Hawlett Packard memiliki kecepatan pembacaan di angka 8x dan tulis 4x.

Dibandingkan dengan TDK Fungsi CD ROM mungkin Hawlett Packard terlihat lebih lambat, namun brand yang satu ini tetap banyak peminatnya.

Optical Disk

Jenis terakhir adalah Optical Disk. CD-ROM yang satu ini memang kurang populer di kalangan pengguna karena harganya yang mahal. Bentuknya menyerupai laser disk dan didesain modern.

Namun tidak banyak pengguna yang mau menggunakan CD-ROM tipe ini di pasaran karena mahal.Optical Disk Mengerti ilmu komputer memang tidak ada habisnya apalagi di masa yang sudah sangat modern ini.

Kecepatan Transfer CD-ROM


Di bawah ini adalah kecepatan transfer standar dan waktu akses untuk drive CD-ROM. Angka-angka di bawah ini adalah rata-rata yang dapat ditemukan pada setiap kecepatan drive CD-ROM.

Drive speed Transfer rate (Mbit/s) Access time (ms)
Single speed (1x) 1.2288 400
Double speed (2x) 2.4576 300
Quad speed (4x) 4.9152 150
Six speed (6x) 7.0653 150
Eight speed (8x) 9.8304 100
Ten speed (10x) 12.288 100
Twelve speed (12x) 14.7456 100
Eighteen speed (18x) 21.8343 90
Twenty speed (20x) up to 24.576 90
Thirty-two speed (32x) up to 39.3216 85
Thirty-six speed (36x) up to 44.2368 80
Fifty-two speed (52x) up to 63.8976 80
Seventy-two speed (72x) up to 88.4736 75
CAV drives (12x - 24x) 1,843,200 - 3,686,400 150-90

Cara Kerja Drive CD-ROM dan CD-ROM


Cara kerja CD-ROM ini sangat unik karena menggunakan teknik penyinaran. CD-ROM yang ada akan disinari oleh laser dioda dan setelah itu akan dipantulkan kembali.

Nah untuk dapat memantulkan cahaya kembali, CD-ROM ini memiliki lapisan atas yang dapat memantulkan cahaya.

Untuk dapat membaca CD-ROM, maka alat yang diperlukan adalah Drive CD-ROM. Ketika sedang membaca sebuah CD-ROM, CD-ROM akan berputar dengan kecepatan sudut yang tinggi.

Itulah kenapa pola yang dicetak di dalam CD-ROM harus memiliki presisi yang tinggi karena bila tidak maka data yang disimpan akan salah atau terjadi penyimpangan.

CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian yaitu:
  • Label
  • Protective layer
  • Reflective layer
  • Polycarbonate plastic

Kelebihan dan Kekurangan CD-ROM


KEUNTUNGAN CD-ROM

  • Kapasitas informasinya jauh lebih besar dibandingkan dengan disk maghnetik.
  • Disk optik bersama-sama dengan datanya dapat diperbanyak dengan biaya murah.
  • Tidak dipengaruhi oleh medan magnet atau gelombang mikro seperti yang digunakan untuk mendeteksi logam di bandara, sehingga aman dalam pengiriman. 
  • Data yang terdapat dalam CD-ROM bisa dipindahkan dalam disket atau dicetak. 
  • Kebal terhadap serangan virus komputer. 
  • CD-ROM tahan lama, sampai 100 tahun. 
  • Dapat digunakan dengan mudah karena cara penelusurannya mudah dipelajari.

KEKURANGAN CD-ROM

  • Data yang terdapat dalam CD-ROM tidak dapat dihapus, diedit, dihapus atau ditambah, hanya bisa dibaca saja.
  • Data dalam CD-ROM terbatas dan agak ketinggalan, jadi harus selalu diperbaharui.  
  • Menggunakan CD-ROM tidak dapat menelusur banyak file sekaligus dalam sekali penelusuran.  
  • Setiap produsen CD-ROM membuat program cara mengoperasikan CD-ROM yang berbeda-beda.

Posting Komentar untuk "Simak Pengertian Drive CD-ROM dan CD-ROM"