Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penjelasan Komponen Komputer beserta Fungsinya

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 

Komputer terdiri dari serangkaian komponen yang saling terhubung dan dikelompokkan menjadi lima macam unit, yaitu unit komponen pemasukan (Input), unit komponen pemrosesan (Process), unit komponen penyimpanan (storage), unit komponen pengeluaran (Output), dan unit komponen perangkat lunak.

Komponen komputer adalah sekumpulan perangkat keras (hardware) yang saling terhubung satu sama lainnya hingga menghasilkan sebuah informasi yang dapat diterima oleh penggunanya.

Daftar Isi

A. Komponen Masukan (Input Device)

Komponen masukan atau input adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi untuk menerima masukan berupa data atau informasi dari luar lalu mengirimnya ke dalam komponen proses.

1. Keyboard

Keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan simbol. Atau definisi keyboard yaitu suatu perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya. 

Selain sebagai alat untuk men-inputkan data keyboard juga memiliki berbagai macam fungsi tombol dengan kombinasi yang khusus. Umumnya port keyboard pada komputer ada 2 macam diantaranya PS2 dan USB akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, sekarang keyboard sudah ada yang memakai wireless atau tanpa menggunakan kabel.

2. Mouse

Mouse

Mouse komputer merupakan perangkat keras yang termasuk dalam golongan perangkat input (masukan). Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. 

Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan.

Fungsi mouse :
  • Memasukkan perintah kepada komputer dimana cara kerja dari mouse ini adalah dengan cara menggeser - geser mouse di permukaan papan yang datar.
  • Sebagai penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor.
  • Untuk melakukan kegiatan yang disebut dengan: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan dan geser / drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  • Menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll.
  • Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya sekarang.
  • Mempermudah pekerjaan pada software yang digunaka.
  • Pengontrol perbesaran tampilan objek.
  • Mengaktifkan command button dan juga melakukan suatu aksi tertentu pada aplikasi.
  • Memperbesar atau juga memperkecil tampilan worksheet.
  • Melakukan konversi dan isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh komputer.
  • Memberikan perintah eksekusi seperti enter.

B. Komponen Proses (Processing Device)

Komponen proses adalah komponen pada komputer yang mempunyai fungsi untuk mengerjakan atau mengolah data yang diterima dari komponen inputan data berupa biner, audio ataupun grafis dan mengontrol keseluruhan kinerja sistem komputer selama proses pengolahan data berlangsung.

1. Power Supply

Power Supply

Power Supply atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Catu Daya adalah suatu alat listrik yang dapat menyediakan energi listrik untuk perangkat listrik ataupun elektronika lainnya. Power Supply ini bisa dikatakan salah satu hardware di dalam perangkat komputer yang berperan untuk memberikan suplai daya.

Power Supply sendiri berfungsi sebagai pengubah dari tegangan listrik AC (Alternating Current) menjadi tegangan (Direct Current), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply pada umumnya berupa kotak yang diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.

2. Motherboard

Motherboard

Motherboard  (atau biasa disebut mainboard, systemboard, logic board, baseboard atau mobo) adalah papan sirkuit berupa pcb yang memiliki berbagai komponen elektronik yang saling terhubung dimana cara kerjanya mengatur hal teknis seputar BIOS (Basic input Ouput System), Chipset (pengatur koneksi input-ouput),RAM (memori penyimpanan data sementara),VGA (memori penyimpan data grafis), Processor & Additional card (PCI,ISA).

Motherboard merupakan kompenen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik

Motherboard berfungsi untuk menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer, motherboard mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

3. CPU / Processor (Central Processing Unit)

CPU / Processor (Central Processing Unit)

CPU / Processor (Central Processing Unit) adalah suatu chip yang berupa IC “Integrated Circuit” yang mengontrol keseluruhan sistem komputer khususnya dalam menjalankan  intruksi, pengolah dan digunakan sebagai pusat ataupun otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan serta menjalankan tugas input dan output.

Fungsi CPU / Processor (Central Processing Unit) :

  • Menjalankan pemrosesan informasi data yang diterima dari input, yang kemudian menghasilkan output pada komputer
  • Mengitegrasikan keseluruhan komponen internak komputer agar dapat saling bekerja sama
  • Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap-tiap komponen komputer
  • Menjaga performa dari sebuah komputer
  • Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan
  • Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer
  • Memastikan agar komputer dapat bekerja denan baik
  • Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer

4. Termal Paste

Termal Paste
Thermal Paste (biasa juga disebut thermal gel, thermal compound, thermal paste, heat paste, heat sink paste dan heat sink compound) adalah pasta penghantar panas sangat tinggi yang digunakan diantara dua buah objek/benda (biasanya heatsink dan CPU/GPU). 

Thermal paste mengisi rongga mikroskopis yang terbentuk diantara dua buah objek (heatsink dengan CPU/GPU) yang dapat menjebak udara masuk diantaranya sehingga mengakibatkan kerugian pelepasan panas menuju ke heatsink.

Fungsi utama sebuah thermal paste adalah bukan untuk mendinginkan tetapi melainkan untuk mempercepat proses penghantaran panas dari processor ke heatsink sehingga processor tidak akan cepat panas.

5. Heatsink

Heatsink
Heatsink adalah sebuah komponen logam yang mana memang didesain khusus yang terbuat dari tembaga atau alumunium. Komponen pada komputer yang umumnya dilengkapi heatsink adalah processor (CPU) dan kartu grafis (VGA).

Fungsi heatsink yang paling utama adalah untuk mengendalikan atau mendinginkan temperatur pada komponen komputer dan laptop yang melakukan aktivitas berat menghasilkan banyak energi panas. Menjaga temperatur komponen CPU dan VGA adalah tugas utama digunakannya heatsink.

6. NIC / Wirelles NIC

NIC / Wirelles NIC
NIC adalah singkatan dari Network Interface Card yaitu sebuah kartu yang fungsinya sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Cara kerja NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. 

Perbedaan NIC dan Wirelless NIC hanya terletak pada cara kerjanya jika sebelumnya NIC bekerja menggunakan kabel, wirelless NIC bekerja tidak menggunakan kabel. 

Fungsi NIC / Wirelless NIC :
  • Sebagai media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan.
  • Untuk mengotrol data flow antara komputer dan sistem kabel.
  • Untuk menerima data yang dikirim dari komputer melalui kabel, lalu diterjemahkan kedalam bitagar dapat dimengerti oleh komputer.

7. Video Adaptor (Graphic Processor Unit)

Video Adaptor (Graphic Processor Unit)
Video Adoptor merupakan komponen hardware komputer yang menghubungkan peralatan pemrosesan grafis dengan peralatan output berupa monitor. Pada komputer lama, pemrosesan grafis dilakukan oleh prosesor utama. Namun, seiring perkembangan teknologi komputer saat ini, telah didesain

Komponen hardware video adaptor dengan memiliki prosesor sendiri yang disebut GPU (graphic processor unit) atau chipset dan memori internal sehiingga beban kinerja prosesor utama menjadi lebih berkurang.

Fungsi Video Adaptor (graphic processor unit) :

  • Port penghubung peralatan proses data dengan peralatan output berupa layar/monitor
  • Memaksimalkan fungsi layar sehingga dapat menampilkan grafis dalam resolusi dan kualitas warna yang terbaik.
  • Dapat mempercepat semua kinerja software operation system (Windows)
  • Dan software aplikasi 2D dan 3D
  • Menunjang penggunaan computer untuk games yang saat ini sudah banyak berbasis pada software games 3D
  • Menampilkan kualitas gambar terbaik untuk pemutaran film jenis CD dan DVD

8. Optical drive

Optical drive

Optical Disc Drive adalah perangkat keras (hardware) yang bekerja menggunakan sinar laser untuk melakukan proses pembacaan dan penulisan data melalui optical disc.

Dahulu, ODD hanya bisa melakukan pembacaan data dari optical disc. Namun sekarang, ODD sudah bisa melakukan pembacaan sekaligus penulisan pada drives.

CD (Compact Disc), DVD dan Blu-ray Disc adalah beberapa jenis optical media yang bisa dibaca sekaligus diisi data oleh optical disc drive. Selain Optical Disc Drive, dikenal juga dengan nama “CD”, “DVD” dan “Blue-ray” lalu diikuti dengan kata “drive”, “writer”, dan lain-lain.

Beberapa orang juga menyebutnya sebagai CD-ROM Drive, DVD-ROM Drive.

Menurut catatan sejarah, Optical disk pertama kali ada sekitar tahun 1958. Lalu semakin berkembang hingga saat ini. secara umum, Optic Disk memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Bekerja menggunakan sinar laser untuk proses menulis dan membaca data.
  • ODD bisa digunakan untuk menyimpan data yang ukuranya sangat besar.
  • ODD dapat membaca lebih cepat ketimbang memori eksternal.
Fungsi Optical Drive :
  • Perangkat pembaca data, umumnya digunakan untuk melakukan installing suatu software komersial, menonton film, dan melakukan pembacaan data untuk keperluan copying atau burning.
  • Perangkat untuk menuliskan data ke media simpan baik CD atau DVD. 

9. Konektor

Konektor (Connector)  adalah suatu komponen seperti kabel yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya ataupun untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya.

Pada komponen komputer terdiri beberapa konektor diantaranya :

  • Konektor power 20 pin
Konektor power 20 pin
  • Konektor power motherboard 4 pin

Konektor power motherboard 4 pin

  • Konektor power optical drive 4 pin

Konektor power optical drive 4 pin

  • Konektor power floppy disk

Konektor power floppy disk

  • Konektor power hardisk

Konektor power hardisk

10. Cable 

  • ATA cable

ATA cable

ATA (Advanced Technology Attachment) standar merupakan interface standar yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan perangkat penyimpanan ke komputer PC. Standar ATA dikembangkan pada tanggal 12 Mei 1994 oleh ANSI. 

Standar ATA awalnya ditujukan untuk menghubungkan hard drive, namun ekstensi yang disebut ATAPI (ATA Packet Interface) sudah dikembangkan untuk bisa perangkat penyimpanan lain ( CD-ROM drive , DVD-ROM drive , dll) pada ATA.

Standar ATA bisa menghubungkan perangkat penyimpanan langsung dengan motherboard untuk kabel pita, yang umumnya terdiri dari 40 kabel paralel serta tiga konektor (biasanya konektor biru untuk motherboard serta konektor hitam serta konektor kelabu untuk dua perangkat penyimpanan).

Kabel ATA 100 mendukung transfer data hingga 100 mbps, sedangkan ATA 133 mendukung transfer data hingga 133 mbps. didalam mainboard digunakan dua kabel IDE yang menancap pada dua konektor yang disediakan oleh mainboard, untuk IDE1 disebut dengan primary, sedangkan untuk IDE2 disebut secondary. dan tiap konektornya mempunyai dua alat yaitu master dan slave.

  • Floppy Cable

Floppy Cable

Floppy Cable adalah sebuah kabel pita yang ada di PC yang berfungsi untuk menghubungkan satu atau beberapa floppy drive ke komputer. Seperti yang terlihat digambar diatas terdapat dua ujung konektor yang bisa dihubungkan ke dua floppy drive.

Floppy drive tidak memiliki jumper master atau slave seperti harddisk, oleh karena itu master atau slave ditentukan oleh cable select, yang bisa dikenali dengan mencari kabel yang melintir.

Floppy channel, FDD header, atau floppy connection adalah tempat menghubungkan floppy disk ke komputer.

  • SATA cable
SATA cable

SATA (Serial Advanced Technology Attachment) adalah pada komputer yang didesain biasanya untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di dalam komputer. Keuntungan utama menggunakan hard disk SATA adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun menambah device selama operasi, kabel yang lebih tipis sehingga proses pendinginan udara dapat efisien, dan banyak keunggulan lainnya.

SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk.

Serial Ata (SATA). generasi yang pertama adalah Sata 150 yang mendukung transfer data sampai 150 mbps,untuk pemakaian biasa tidak ada performa yang signifikan antar PATA dan SATA. Harddisk sata tidak menggunakan konfigurasi jumper slave/master.

11. Floppy Drive

Floppy Drive

Floppy Drive merupakan salah satu perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media pembaca sebuah disket atau Floppy disk, dimana pada dasarnya floppy drive ini memiliki fungsi yang sama dengan perangkat CD / DVD Rom. namun untuk saat ini floppy drive sudah sangat jarang sekali penggunanya.

Dimasa era jayanya perangkat keras ini merupakan sesuatu komponen yang bisa dikatakan wajib terpasang pada sebuah komputer, dimana pada waktu dulu para pengguna komputer masih menggunakan Floppy disk sebagai tempat untuk menyimpan data atau besar karena pada masa itu perangkat keras seperti flashdisk dan CD belum tercipta.

12. USB

USB

USB atau yang lebih dikenal sebagai Universal Serial Bus adalah sebuah jalur koneksi serial elektronik yang diciptakan dengan tujuan untuk menghubungkan segala macam device yang bersifat eksternal.

USB merupakan teknologi standard bas Serial untuk antaramuka peranti yang membenarkan perhubungan pada soket antaramuka tunggal. Ia juga turut dicipta untuk meningkatkan keupayaan Plug and Play dengan membenarkan peranti disambungkan (connect) dan merungkai sambungan (Disconnect) tanpa perlu ‘reboot’ Hot Swapping pada komputer.

Pada awalnya USB diciptakan untuk menghubungkan Smart Phone dengan Personal Computer (PC), namun pada akhirnya penggunaannya berkembang bahkan sampai kepada device seperti mouse, printer, speaker, MP3 player, dll.

13. Ethernet

Ethernet

Ethernet adalah jaringan yang masuk ke dalam kategori Local Area Network (LAN) atau jaringan area lokal. Sistem komunikasi yang dibangun dengan ethernet akan membagikan arus data ke dalam frame.

Pada masing-masing frame terdapat alamat tujuan dan sumber data. Selain itu, dalam frame juga terdapat sistem pengecekan data sehingga apabila terjadi kerusakan dan error bisa dikembalikan lagi.

Dari sistem kerja jaringan ethernet yang merupakan salah satu jenis LAN, kemungkinan bisa membuat setiap PC berlomba untuk mengakses jaringan. Meskipun begitu, tetapi jaringan ethernet sekarang menjadi jenis LAN yang paling populer. Hal ini karena jaringan ethernet mudah diinstal dan hanya membutuhkan sedikit biaya.

Ethernet adalah perangkat yang berfungsi untuk transfer file dan data via jaringan komputer.

14. Wirelles Antena

Wirelles Antena

Wirelles Antena merupakan alat bantu jaringan nirkabel (tanpa kabel) untuk menghubungkan ke jaringan pengguna lain di area sekitar, menggunakan gelombang radio sebagai alat atau media transmisi data.

Selain itu frekuensi radio yang digunakan jaringan ini untuk koneksi, transmisi data, atau point access (titik akses) adalah transiver dua arah yang bekerja di 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) hingga 5 GHz (802.11a).

Kebanyakan perangkat jaringan ini menggunakan kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b, akomodasi IEEE 802.11g, serta memberikan level keamanan seperti WEP/WPA.

Fungsi Wirelles Antena :
  • mengirim dan menerima signal data
  • memperkuat signal wireless
  • mengubah signal listrik menjadi signal elektromagnetika lalu meradiasikannya

15. Power Cord

Power Cord

Power Cord merupakan bagian kabel penghubung untuk menyalurkan sumber listrik ke power supply yang nantinya komputer bisa berjalan sebagai mana mestinya.

C. Komponen Penyimpanan (Storage Device)

Storage Device yaitu perangkat keras atau hardware pada komputer yang fungsi utamanya sebagai penyimpan data secara permanen atau sementara. Beberapa komponen penyimpanan pada komputer antara lain adalah sebagai berikut.

1. RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Data di dalam RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

RAM biasa juga disebut sebagai memori utama (main memory), memori primer (primary memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primary storage), memory stick, atau RAM stick.

Fungsi RAM (Random Access Memory) :

  • Membaca data yang tersimpan pada hadisk
  • Menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU untuk diproses.
  • Menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.
  • Menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.
  • Untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara.

2. Hard Disk

Hard Disk

Hard disk adalah salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Hard disk merupakan jenis memori komputer yang memiliki sifat non-volatile memory yang berarti data pada memori jenis ini tidak akan hilang meski perangkat tersebut telah dimatikan.

Fungsi Hard Disk :
  • Menyimpan File Dalam Bermacam Format
  • Sebagai Space Menyimpan Data
  • Menyimpan Data Bagi Aplikasi dan Software
  • Sarana Back-up
  • Menyimpan Data dari Operasi Sistem

3. Floppy Disk / Disket

Floppy Disk / Disket

Floppy Disk atau Disket adalah suatu perangkat penyimpanan data yang banyak digunakan di antara tahun 1990an sampai awal 2000an. Floppy disk bisa dibaca dengan Floppy Disk Driver, sebuah hardware yang terdapat dalam versi komputer lama.

Floppy Disk sempat sangat populer karena saat itu, karena sebuah file hanya bisa dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain menggunakan disket saja. Bisa dibilang hardware portable ini merupakan cikal-bakal dari perangkat serupa yang lebih maju, seperti Compact Disc (CD) dan USB Flash Disk.

Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.

D. Komponen Keluaran (Output Device)

Komponen keluaran atau output adalah komponen komputer yang mempunyai fungsi sebagai media yang untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses atau diolah oleh komputer. Beberapa komponen ouput antara lain adalah sebagai berikut.

1. Monitor

Monitor

Monitor merupakan jenis perangkat keras (hardware) yang berperan sebagai komponen keluaran (output) berupa grafis dari sebuah prosessor untuk ditampilkan agar user atau pengguna dapat melihat isi dari tampilan CPU. 

Monitor sering juga disebut dengan layar komputer. Layar itu digunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data kedalam bentuk grafis. 

Perangkat ini memiliki peranan yang sangat penting. Sebab, tanpa adanya monitor maka perangkat komputer lainnya tidak dapat diamati secara langsung, kecuali dengan menggunakan perangkat output lainnya, seperti projector.

2. Printer

Printer

Printer adalah komponen komputer tambahan yang berfungsi untuk mencetak hasil hardcopy (rekaman keras) dari proses pengolahan data oleh komputer pada media kertas, baik tulisan maupun gambar.

Cara kerja printer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut :
  • Dot Metrix Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan sekumpulan jarum besi untuk melakukan proses percetakan.
  • Inkjet Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan semprotan tinta untuk melakukan proses percetakan.
  • Laser Printer, yaitu printer yang proses kerjanya menggunakan kombinasi dari teknologi xerographic. Printer jenis ini biasanya banyak digunakan pada mesin fotocopy dengan teknologi lase.

3. Speaker

Speaker audio

Speaker adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasi dari proses pengolahan data oleh komputer dalam bentuk audio atau suara. Jenis-jenis speaker antara lain adalah sebagai berikut :
  • Speaker Mono, yaitu speaker yang hanya memiliki satu jalur saja dalam menghasilkan bunyi atau suara.
  • Speaker Stereo, yaitu speaker yang memiliki dua jalur untuk dalam menghasilkan bunyi atau suara, yaitu jalur R (right) dan L (left).
  • Speaker 3d Surround, yaitu speaker yang mampu menghasilkan bunyi atau suara yang seakan mengelilingi pendengarnya. Speaker jenis ini biasa dijumpai pada bioskop.

E. Komponen Komputer Perangkat Lunak

Komponen Komputer Perangkat Lunak adalah komponen-komponen dari komputer yang bentuknya tidak bisa diraba oleh tangan namun bisa terlihat oleh mata dan ungsinya sebagai media kerja pada komputer tersebut.

1. Sistem Operasi


Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak sistem yang dijalankan langsung saat komputer booting (mulai hidup) yang bertugas untuk manajemen perangkat lunak dan perangkat keras yang terhubung. Perangkat lunak sistem adalah istilah yang digunakan untuk perangkat lunak yang bertugas untuk mengontrol dan manajemen perangkat keras, sehingga aplikasi dapat berjalan.

Selain Windows yang familiar digunakan ada berbagai jenis OS lain dibelahan dunia seperti Linux, Unix, Mac OS, Android dan sebagainya.

2. Software

Software

Software adalah suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah guna membantu penggunanya dalam mengolah informasi.

Penutup 

Komputer dapat berjalan jika semua komponen bisa terhubung sebagai mana mestinya. Komponen generasi pertama berbeda dengan komponen generasi masa kini, ada beberapa perubahan komponen komputer seiring dengan kemajuan di bidang teknologi.

Saat ini komponen komputer bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya seperti contoh komputer khusus gaming yang komponen perangkat didesain mampu untuk menjalankan game dengan kualiatas terbaik.

Sekian penjelasan mengenai komponen komputer dan fungsinya.

Post a Comment for "Penjelasan Komponen Komputer beserta Fungsinya"