Pengertian, Jenis dan Fungsi - Fungsi Tombol Pada Keyboard - SHARE28S
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pengertian, Jenis dan Fungsi - Fungsi Tombol Pada Keyboard

Pengertian, Jenis dan Fungsi - Fungsi Tombol Pada Keyboard

Daftar Isi

A. Pengertian Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras yang terdapat pada komponen komputer berbentuk seperti papan ketik yang terdiri atas tombol - tombol seperti huruf Alfabet (A-Z), juga terdapat angka 1 sampai 9, dan juga 0. Serta simbol - simbol khusus yang terdapat pada keyboard.

Tombol-tombol dari setiap jenis keyboard berbeda, namun pada umumnya tombol-tombol yang ada pada keyboard terdiri dari :
  1. Tombol Alphanumeric
  2. Tombol Asterisk
  3. Tombol Capslock
  4. Tombol Shift
  5. Esc
  6. Tombol F1 hingga F12
  7. Print Screen
  8. Tab
  9. CTRL
  10. Tombol Windows
  11. Alt
  12. Space Bar
  13. Enter
  14. Backspace
  15. Delete
  16. Home
  17. Page Up
  18. Page Down
  19. Tombol panah

Keyboard Versi IBM dan Amerika Serikat
Keyboard Versi IBM dan Amerika Serikat

Keyboard berfungsi sebagai alat untuk mengirimkan data inputan berupa karakter huruf, angka dan simbol sesuai perintah pengguna dan mengirimkan perintah tersebut ke Central Processing Unit (CPU) lalu diproses oleh processor pada sistem komputer. 

Namun ada fungsi lain dari tombol keyboard pada komputer yaitu untuk membantu mempermudah penggunanya dalam mengoperasikan sistem perangkat lunak yang terdapat pada komputer.

B. Bagian - Bagian Tombol Pada Keyboard

Bagian - bagian pada keyboard dibagi menjadi empat bagian, yakni:

Typerwriter Key

Typerwriter key adalah tombol yang sama fungsinya untuk mempermudah proses pengetikkan. Fungsi dari tombol-tombol yaitu Back Space, Caps Lock, Delete, Esc, End, Enter, Home, Insert, Page Up, Page Down, Shift, dan Tab.

Numeric Key

Numeric Key adalah tombol-tombol yang ada pada keyboard dengan fungsi numerik atau penggunaan pengetikkan yang hubungannya dengan angka atau simbol simbol numerik lainnya. Numeric key ini akan berfungsi bila dalam posisi on dan jika off, maka tombol tersebut akan menjadi typerwriter key. Biasanya pada keyboard ini terdapat 80 buah.

Function Key

Tombol function key maksudnya adalah tombol-tombol yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan atau pengetikkan pada keyboard. Tombol ini terdiri dari 10 tombol untuk jenis keyboard yang memiliki jumlah tombol 80 buah, sedangkan 12 tombol untuk keyboard dengan jumlah 101 buah.

Tombol ini dimulai dari tombol F1 hingga F12, dan masing-masing tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda tergantung dari pemograman yang akan dijalankan. Fungsi tombol keyboard ini dapat juga mengganti alat bantu perintah untuk mengarahkan user menggunakan komputer sebagai pengganti mouse.

Special Function Key

Special Function Key memiliki fungsi yang sangat spesial. Maksud spesial di sini, key tersebut akan mendapatkan fungsi spesialnya bila digunakan bersama dengan tombol lainnya yang ada pada keyboard. Seperti Ctrl + Z yang berfungsi untuk mengembalikkan pekerjaan sebelumnya yang sudah terlewat.

Fn yang berfungsi sebagai pengeras suara atau volume dengan simbol yang ada di keyboard. Tombol special function key tersebut tergolong dalam beberapa, yaitu Ctrl, Alt, Fn, Num Lock, Scrool Lock, Print Screen, dan Shift.

C. Jenis - Jenis Keyboard

Jenis Keyboard dibagi menjadi 2 yaitu jenis berdasarkan bentuk dan jenis berdasarkan tombol :

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuk

1. Keyboard Serial

Keyboard Serial
Keyboard Serial

Keyboard serial menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.  DIN 5 Male ini adalah port pada keyboard serial yang memiliki 5 buah jarum-jarum untuk menghubungkan komputer dengan keyboard.

Untuk port pada keyboard ini cukup berbeda dari port keyboard yang lainnya, dari jenis ukurannya yang cukup besar hingga bentuk kabel yang lebih tebal. 5 Jarum ini nantinya berfungsi sebagai detektor keyboard aktif, jika salah satu mengalami kerusakan, maka keyboard ini tidak akan bisa digunakan.

2. Keyboard PS/2

Keyboard PS/2
Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, Karena port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.

keyboard PS/2 ini menggunakan plug DIN mini yang berisi 6 jarum sebagai konektor, masing-masing jarum konektor ini memiliki tugas. Sehingga saling terkait antara jarum satu dengan jarum lainnya.

3. Keyboard Wireless

Keyboard Wireless
Keyboard Wireless

Keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.

4. Keyboard USB

Keyboard USB
Keyboard USB

Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB ini dan sangat dominan karena proses pemasangan yang sangat mudah dan simpel. Jenis konektor yang digunakan yaitu mempergunakan jenis konektor USB, yang menjamin proses transfer data yang lebih cepat.

Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol 

1. Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY


Keyboard QWERTY pertama kali dibuat pada tahun 1878 oleh Scholes, Glidden dan Soule.  Pada saat itu dijadikan sebagai standar mesin tik komersial tepatnya pada tahun 1905. Hingga saat ini keyboard jenis Qwerty paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di seluruh dunia. 

QWERTY dirancang sedemikian rupa sehingga tombol yang paling sering ditekan letaknya terpisah sejauh mungkin sehingga dapat meminimalkan kemacetan pada saat pengetikan dilakukan. 

Namun jenis keyboard Qwerty dalam praktek penggunaanya masih ditemukan beberapa kelemahan seperti contoh pengetikan huruf “a” yang mana tombol tersebut sangat sering digunakan namun harus dilakukan oleh jari kelingking yang paling lemah.

2. Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK
Keyboard DVORAK

Jenis keyboard DVORAK dibuat pada tahun 1932 yang dirancang sedemikian rupa agar tangan kanan dibebani lebih banyak pekerjaan dibanding dengan tangan kiri. Jenis keyboard DVORAK mempunyai hasil yang lebih efisien antara 10-15% dibanding dengan keyboard QWERTY.

Namun tidak banyak user yang menggunakan dan mengetahui keyboard jenis DVORAK, sebagian besar user yang menggunakan keyboard jenis DVORAK yaitu di wilayah negara America saja maka dari itu keyboard ini dijuluki sebagai American Style.

3. Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard KLOCKENBERG

Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard kiri dan kanan dengan sudut 15 derajat lalu dibuat miring ke bawah. Sehingga terpisahnya bagian kiri dan kanan menjadikannya relatif lebih banyak memakan ruang.

Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. 

Tata letak seperti ini selain mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan, juga dirancang untuk mengurangi beban otot pada tangan dan bahu. 

4. Keyboard MALTRON

Keyboard MALTRON
Keyboard MALTRON

Keyboard Maltron dibuat sedikit berbentuk cekung ke dalam agar jari-jari pengguna tidak dalam posisi membentuk satu garis lurus sehingga memberikan kenyamanan pada jari tangan pengguna saat mengetik dan tidak akan menyebabkan terjadinya RSI (Repetitive Stress Injuries).

Selain itu keyboard jenis Maltron juga diklaim mampu meningkatkan kecepatan mengetik karena menggunakan 10 jari yang dapat dioptimalkan dengan baik ketimbang 8 jari yang biasa digunakan di keyboard lainnya, sebab keyboard ini memiliki bentuk yang unik dan melengkung.

5. Keyboard CHORD

Keyboard CHORD
Keyboard CHORD

Keyboard Chord hanya memiliki beberapa tombol yaitu antara 4 sampai 5 saja. Jika kita ingin memasukkan suatu huruf maka harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Dari segi ukuran Chord terlihat lebih kompak dan sangat cocok jika di gunakan untuk aplikasi yang portable. 

Dari sisi kecepatan Chord memang bisa diunggulkan karena memiliki kecepatan tinggi, namun masih kurang popular karena pada penggunaan yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan pengguna.

Ada dua tipe keyboard Chord :
  • Keyboard Palantype
Keyboard ini memiliki 3 karakter, konsonan awal kelompok pada bagian kiri, konsonan tengah menunjukkan kelompok vokal, dan konsonan terakhir pada bagian kanan.
  • Keyboard Stenotype
Keyboard ini biasanya dipakai oleh wartawan untuk mencatat hasil wawancara lebih cepat. Sesuai dengan namanya, steno adalah jenis tulisan singkat yang sering digunakan untuk mencatat ucapan seseorang.

6. Keyboard ALPHABETIK

Keyboard ALPHABETIK
Keyboard ALPHABETIK

Tombol-tombol yang ada pada keyboard alphabetik disusun persis seperti pada tata letak QWERTY maupun Dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan seperti pada urutan alphabet. 

Keyboard alphabetik juga tidak dapat menyaingi popularitas tata letak QWERTY, tetapi biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak, sehingga anak-anak diajar mengenal huruf alphabet. 

Bagi pengguna yang bukan tukang ketik, barangkali tata letak ini cukup membantu. Tetapi, dari hasil pengujian, penggunaan tata letak seperti ini justru memperlambat kecepatan pengetikan.

7. Keyboard NUMERIC

Keyboard NUMERIC
Keyboard NUMERIC

Keyboard numeric diciptakan berdasarkan permintaan atau kebutuhan pengguna yang menginginkan penggunaan tombol numeric (numeric keypad) yang tata letaknya bisa memudahkan jangkauan tangan pengguna untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar.

8. Epic-Bluethooth Virtual Keyboard
Epic-Bluethooth Virtual Keyboard
Epic-Bluethooth Virtual Keyboard

Epic-Bluethooth Virtual Keyboard adalah keyboard keluaran terbaru dengan bentuk epic bluethooth virtual. Keyboard ini muncul dengan laser dan timbul laser di daerah datar seperti halnya senter.

Keyboard ini tidak hanya di gunakan pada laptop, tapi bisa juga di iPad, iPhone, Smartphone ataupun tablet. Bentuknya seperti memiliki bentuk QWERTY dan akan memungkinkan bisa mengetik dengan 350 karakter Permenitnya.

D. Fungsi - Fungsi Tombol Keyboard

Berikut ini ada beberapa fungsi tunggal dan kombinasi tombol pada keyboard yaitu :

1. Tombol Esc

Tombol Esc pada keyboard berfungsi untuk membatalkan sebuah perintah yang sudah dilakukan. Semua perintah yang memang terlanjur diberikan akan batal jika menekan tombol Esc.

2. Tombol Caps Lock

Tombol Caps Lock pada keyboard berfungsi untuk membuat tulisan menjadi huruf besar atau huruf kapital. Saat tombol Caps Lock ditekan maka ada lampu yang menyala pada keyboard sebagai penanda bahwa Caps Lock sedang aktif.

3. Tombol Tab

Tombol Tab pada keyboard berfungsi untuk memindahkan kursor dalam satu jeda atau tabulasi ke arah kanan. Saat sedang mengetik dan tombol tab ditekan maka kursor akan bergeser ke kanan dengan jarak satu tabulasi.

4. Tombol Backspace

Tombol Backspace pada keyboard berfungsi untuk menghapus satu karakter yang berada di depan kursor. Jika tombol Backspace digunakan bersamaan dengan tombol Ctrl maka yang akan terjadi yaitu satu kata yang berada di depan kursor terhapus. 

5. Tombol Delete

Tombol Delete pada keyboard berfungsi untuk menghapus satu karakter yang berada di belakang kursor. Jika tombol Delete digunakan bersamaan dengan tombol Ctrl maka yang akan terjadi yaitu satu kata yang berada di belakang kursor terhapus.

6. Tombol Home

Tombol Home pada keyboard berfungsi untuk memindahkan kursor pada ujung sisi kiri pada satu baris. Jika tombol Home digunakan bersamaan dengan tombol Ctrl maka yang akan terjadi yaitu kursor berpindah ke sisi kiri pada baris pertama paling atas pada lembar kerja.

7. Tombol End

Fungsi tombol End merupakan kebalikan dari fungsi tombol home. Tombol End pada keyboard berfungsi untuk memindahkan kursor ke sisi kanan paling akhir dalam satu baris dari tulisan lembar kerja. Jika tombol End digunakan bersamaan dengan tombol Ctrl maka kursor akan berpindah ke sisi kanan paling akhir dari lembar kerja. 

8. Tombol Page Up dan Page Down

Tombol Page Up pada keyboard berfungsi untuk menggerakan baris pada layar ke arah atas dan arah kursor akan berubah ke halaman atas.

9. Tombol Page Down 

Fungsi tombol Page Down merupakan kebalikan dari fungsi tombol Page Up. Tombol Page Down pada keyboard berfungsi untuk menggerakan baris pada layar ke arah bawah dan arah kursor akan berubah ke halaman kebawah.

10. Tombol Enter

Tombol Enter pada keyboard berfungsi untuk memindahkan kursor ke baris selanjutnya dan juga berfungsi sebagai suatu perintah setuju kepada suatu program yang ada pada komputer atau laptop.

11. Tombol Insert

Tombol Insert pada keyboard berfungsi untuk menyelipkan karakter di posisi kursor yang sedang aktif. Dengan begitu tentunya akan mengacu pada yang namanya tombol insert tersebut. Kata insert ini memiliki arti yaitu mrnyrlipkan atau menyisipkan. 

12. Tombol Print Screen / Prt sc

Tombol Print Screen / Prt sc pada keyboard berfungsi untuk mengambil gambar pada layar komputer / laptop yang sedang aktif. Melakukan print screen ini biasanya perlu bantuan software seperti Paint.

13. Tombol Space

Tombol Space pada keyboard berfungsi untuk memberi jarak antara satu karakter dengan karakter yg lainnya, atau satu kata dengan kata yg lainnya.

Fungsi Tombol F1 Hingga F12 Pada Keyboard

  • F1: Membuka fungsi bantuan.
  • F2: Mengubah nama file atau berkas (rename).
  • F3: Perintah autoteks.
  • F4: Mengulang perintah sebelumnya.
  • F5: Perintah untuk temukan (find), ganti (replace) atau Go To.
  • F6: Membuka pengaturan Other Pane.
  • F7: Perintah pengecekan penulisan (spelling).
  • F8: Perintah awal untuk memilih (correct text atau object).
  • F9: Memperbarui Field (mail marge).
  • F10: Mengaktifkan sebuah Menu.
  • F11: Membuat sebuah masukan Field selanjutnya.
  • F12: Membuka perintah penyimpanan file atau berkas (save as).

Fungsi Tombol CTRL Pada Keyboard Sebagai Pintasan

  1. Ctrl + A: Tombol Select All, untuk memblock semua tulisan pada lembar kerja.
  2. Ctrl + B: Memberikan efek tebal pada tulisan atau angka.
  3. Ctrl + C: Sebagai cara untuk menyalin atau meng-copy tulisan.
  4. Ctrl + D: Memilih font pada Microsoft Office Word.
  5. Ctrl + E: Membuat rata tengah tulisan (center alignment).
  6. Ctrl + F: Mencari karakter (find character).
  7. Ctrl + G: Go To.
  8. Ctrl + H: Menggantikan teks dengan teks lain atau mengganti dengan format lain.
  9. Ctrl + I: Memberikan efek miring pada tulisan, baik huruf maupun angka (italicize).
  10. Ctrl + J: Membuat tulisan dengan rata kanan kiri (justify alignment).
  11. Ctrl + K: Membuat Hyperlink.
  12. Ctrl + L: Membuat tulisan menjadi rata kiri (left alignment).
  13. Ctrl + M: Memberikan indentasi paragraf dari kiri.
  14. Ctrl + N: Membuka jendela baru atau file baru.
  15. Ctrl + O: Membuka file baru.
  16. Ctrl + P: Perintah untuk mencetak atau print.
  17. Ctrl + Q: Mengubah gaya tulisan atau paragraf menjadi normal.
  18. Ctrl + R: Membuat rata kanan tulisan (right alignment).
  19. Ctrl + S: Menyimpan file (save atau save as).
  20. Ctrl + T: Membuat Hanging Ident.
  21. Ctrl + U: Memberikan garis bawah pada tulisan, baik huruf maupun angka (underline).
  22. Ctrl + V: Menampilkan tulisan yang sudah disalin atau dicopy (paste).
  23. Ctrl + W: Menutup menu Microsoft Office Word.
  24. Ctrl + X: Memotong tulisan yang sudah diblok.
  25. Ctrl + Y: Mengembalikan sesudahnya (redo).
  26. Ctrl + Z: Mengembalikan sebelumnya (undo).

Fungsi Tombol WINDOWS Pada Keyboard

  1. Win : Membuka Start Menu, kalo di Windows 8.1 buat buka window sebelumnya.
  2. Win + A : Membuka Action Center di Windows 10.
  3. Win + B : Memilih ikon pertama di Notification Area.
  4. Win + Ctrl + B : Berganti ke program pemberotahuan pesan baru di Notification Area.
  5. Win + C : Menunjukan Charm Bar di Windows 8 dan 8.1.
  6. Win + D : Kembali ke desktop dengan otomatis minimize semua windows yang kebuka.
  7. Win + E : Membuka Windows Explorer. Sedangkan buat Windows 10 untuk membuka Quick Lunch.
  8. Win + F : Membuka Files and Folders.
  9. Win+ F1: untuk membuka menu "Help and Support Center".
  10. Win + Ctrl + F : Membuka Find Computers.
  11. Win + G : Membuka Game Bar di Windows 10.
  12. Win + K : Membuka Start Menu yang baru dan Connection di Windows 8 dan 8.1.
  13. Win + L : Mengubah pengguna user atau mengunci Workstation.
  14. Win + M : Minimize semua windows.
  15. Win + Shift + M : Restore windows yang sudah di minimize.
  16. Win + 0 : Mengunci device orientation.
  17. Win + P : Mengubah mode operasi ke media eksternal seperti monitor atau proyektor.
  18. Win + Q : Membuka Search buat aplikasi yang udah di install.
  19. Win + R : Membuka kotak ‘Run Dialog’ .
  20. Win + T : Mengubah focus ke Taskbar, hanya di Windows 7 atau yang lebih baru.
  21. Win + U : Membuka ‘Utility Manager’.
  22. Win + W : Membuka Windows Ink Workspace, seperti Notes dan Screenshot.
  23. Win + X : Membuka Windows Aplication Center khusus untuk Windows Vista dan 7.
  24. Win + Y : Membuka Yahoo! Messenger kalo punya softwarenya.
  25. Win +  "(+/-)" : Membuat memperbesar/memperkecil layar komputer.
  26. Windows + tab : Membuat layar komputer akan terganti menjadi 3D.

Fungsi Tombol ALT Pada Keyboard

  1.  Alt + A : Menampilkan dan mengeluarkan menu Table.
  2.  Alt + B : Menampilkan daftar teman.
  3.  Alt + C : Mengeluarkan kotak chat.
  4.  Alt + E : Menampilkan menu Edit.
  5.  Alt + I : Menampilkan menu Insert.
  6.  Alt + F4 : Keluar dari program yang sedang dijalankan dan Menutup item yang sedang aktif.
  7.  Alt + H : Membuka dialog Help.
  8.  Alt + W : Memunculkan menu Window.
  9.  Left Alt + Left SHIT + Print Screen : Memunculkan menu High contrast on atau off.
  10.  Alt + Enter : Menampilkan property dari item yang ditunjuk.
  11.  Alt + Spacebar : Menampilkan menu shortcut pada jendela yang dibuka atau yang sudah aktif.
  12.  Alt + Tab : Membuka dialog jendela yang sudah terbuka kemudian bisa memilih manakah yang akan dibuka selanjutnya.
  13.  Alt + F : Menampilkan menu File
  14.  Alt + Home : Memunculkan menu Start.
  15.  Alt + Ctrl + Break : Membuat layar penuh menjadi lebih kecil.
  16.  Alt + (-) : Memunculkan konsol jendela yang aktif.
  17.  Alt + Q : Keluar dari aplikasi game.
  18.  Alt + O : Membuka Menu Favorites.
  19.  Alt + Esc : Melakukan perintah minimize pada jendela atau aplikasi yang dibuka.
  20.  Ctrl + Alt + Del : Membuka dialog Taks Manager.

Fungsi Tombol Shift Pada Keyboard

  1. Shift + Huruf : Membuat huruf kapital dan menjadikan lowercase.
  2. Shift + Angka : Memunculkan simbol yang ada diatas tombol angka di keyboard.
  3. Shift + Del : Menghapus permanen file.
  4. Shift + F3 : Mencari kata/kalimat.
  5. Shift + F 10 : Sebagai cadangan shortcut jika tidak dapat melakukan klik kanan pada mouse.
  6. Shift + Ctrl + T : Sebagai shortcut pada browser untuk mengakses kembali link yang tertutup.
  7. Ctrl + Shift + Esc : Sebagai sarana tindakan represif saat komputer hang/freeze/error.
  8. Klik tombol Shift 4 kali hingga bunyi : Memunculkan menu stickykey

E. Kesimpulan

Keyboard memiliki jenis yang berbeda-beda namun kebanyakan pengguna komputer di dunia ini menggunakan jenis keyboard qwerty untuk membantu melakukan pekerjaannya di komputer. 

Sebetulnya masih banyak lagi macam-macam fungsi tombol keyboard jika berdasarkan software yang digunakan. Fungsi tombol keyboard pada informasi yang disampaikan dalam artikel ini hanya berdasarkan garis besarnya saja atau berdasarkan fungsi yang sering dipakai pada sistem komputer. 

Semoga informasi pada artikel ini bisa menambah wawasan untuk para pembacanya yaa..

Post a Comment for "Pengertian, Jenis dan Fungsi - Fungsi Tombol Pada Keyboard "

Berlangganan via Email