Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Processor : Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja

Processor : Pengertian, fungsi , komponen, dan cara kerja

Daftar Isi

Processor ini merupakan bagian penting dalam komponen yang terdapat pada komputer dan laptop. Adapun maksud dari Central Processor Unit (CPU) yaitu proses dari kinerja komputer yang di kombinasikan dengan peran dari "processor" dan komponen komputer lainnya. Sebuah komputer tidak akan berjalan jika tidak ada komponen processor.

Apa itu Processor ?

Processor adalah komponen utama atau otak dari laptop / komputer. Secara sederhananya, processor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard.  

Pengertian Processor Menurut Para Ahli

Para ahli yang bergerak di bidang komputer telah melakukan berbagai penelitian mendalam terkait processor, lalu menuangkan hasil penelitian mereka tersebut ke dalam makalah-makalah maupun jurnal yang ditujukan sebagai informasi sekaligus dapat menjadi bahan pembelajaran bagi penelitian-penelitian selanjutnya.

Berikut ini beberapa pengertian processor menurut para ahli :

Menurut Ajen Dianawati

Processor adalah alat untuk mengolah atau memproses data-data komputer. Data-data tersebut bisa berupa tulisan, angka maupun gambar.

Menurut Ali Zaki & SMITDEV COMMUNITY

Processor adalah otak dari komputer, tugasnya adalah memproses masukan informasi biner dari computer.

Menurut Erima Oneto

Processor adalah otak dari sebuah komputer, yang merupakan pusat pengendali komputer dan bekerja dengan dukungan komponen lainnya.

Menurut Ir. Sugiyono

Processor adalah perangkat terpenting sebuah komputer, yaitu tenaga pelaksana sebuah eksekusi perintah atau program.

Menurut Juharis Rasul & Abdul Hamid

Processor merupakan pusat “eksekusi” setiap perintah, baik yang berupa instruksi maupun data di dalam sistem komputer.

Menurut Lia Kuswayatno

Processor adalah sebuah chip yang merupakan pengolah utama dan pusat pengendali berbagai perangkat komputer.

Menurut Raya Fahreza

Processor adalah bagian terpenting dai sebuah komputer yang berfungsi sebagai pengontrol segala aktivitas yang ada pada komputer.

Menurut Rahmat Putra

Processor merupakan komponen penting yang berfungsi mengendalikan semua komponen di dalam komputer, mengolah data, dan mengeksekusi semua sistem operasi yang diinstalkan di dalam computer.

Sejarah Processor

Pada tahun 1971, komponen yang disebut sebagai mikroprocessor untuk pertama kalinya dibuat oleh para teknisi dari perusahaan elektronik Intel. Mikroprosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Chip tersebut diberi nama Intel 4004 dan didesain oleh Ted Hoff, Federico Faggin, dan Stan Mazor.

Berikut merupakan garis besar sejarah perkembangan microprocessor :

  • Pada tahun 1971, Intel meluncurkan mikroprocessor pertama di dunia, 4-bit 4004,yang didesain oleh Federico Faggin.
  • Pada tahun 1974, Intel memperkenalkan processor 8-bit 8080, dengan4.500 transistor yang memiliki kinerja 10 kali pendahulunya.
  • Pada tahun 1980, Intel memperkenalkan 8087 math co-processor.
  • Pada tahun 1982, Intel memperkenalkan processor 16-bit 80286 dengan 134.000 transistor.
  • Pada tahun 1985, Intel keluar dari bisnis RAM dinamis untuk fokus pada mikroprocessor, dan akhirnya ia mengeluarkan processor 80386, sebuah chip 32-bit dengan 275.000 transistor dan kemampuan menjalankan berbagai macam program sekaligus.
  • Pada tahun 1998, Intel memperkenalkan processor Celeron.
  • Pada tahun 2004, AMD mendemonstrasikan x86 dual-core processor chip.
  • Pada tahun 2005, Intel menjual processor Dual-Core pertamanya.
  • Pada tahun 2006, Intel memperkenalkan processor core 2 duo.
  • Pada tahun 2007, Intel memperkenalkan processor core 2 quad.

Dalam perkembangannya processor terbagi menjadi beberapa tahap-tahap diantaranya :

  • Microprocessor 4004 (1971)
  • Microprocessor 8008 (1972)
  • Microprocessor 8080 (1974)
  • Generasi Pertama (processor 8088 dan 8086)
  • Generasi Kedua (processor 80286)
  • Generasi Ketiga (processor 80386 DX dan 80386 SX)
  • Generasi Keempat (80486 DX, 80486 SX, Cyrix 486SLC, dan IBM 486SLC2)
  • Generasi Kelima (Cyric 6×86, AMD, AMD K5, Pentium MMX, IDT Winchip, AMD K6, Cyric 6×86 MX, dan AMD K6-2.)
  • Generasi Keenam (Pentium II, Celeron A:Medocino, Celeron PPGA:Socket 370, Xeon, AMD K6-3, dan Katmai.)
  • Generasi Ketujuh (AMD K7 Athlon)
  • Generasi Kedelapan (Intel core 2 duo, Conroe, Conroe XE, AMD Athlon 64, dan Pentium 4 Prescott.)
  • Generasi Kesembilan (Intel core i3, Intel core i5, Intel core i7.)

Fungsi Processor

Beberapa fungsi penting processor di komputer / laptop yaitu :

Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer

Processor akan memproses segala bentuk informasi yang dimiliki oleh komputer, dan juga memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Semua pekerjaan pemrosesan informasi tersebut, maka akan dihandle oleh processor.

Mengitegrasikan keseluruhan komponen internal komputer agar dapat saling bekerja sama

Fungsi berikutnya dari sebuah processor adalah untuk mengintegrasikan keseluruhan komponen internal yang ada di dalam komputer. Komponen tersebut, berupa komponen chipset, harddiskRAM, VGA, dan sebagainya, sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing – masing, dan saling terintegrasi satu sama lain. Semua komponen tersebut nantinya akan terhubung dengan komponen processor, sehingga dapat terintegrasi.

Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap-tiap komponen komputer

Processor akan mencegah terjadinya overlapping dengan memastikan intruksi yang diberikan oleh user agar nantinya dapat dijalankan sesuai dengan komponen komputer yang terlibat dalam intruksi, Seperti contoh ketika user akan mengakses sebuah data atau informasi, maka si processor akan memastikan bahwa komponen yang akan bekerja adalah komponen harddisk, dan bukannya komponen lain yang tidak berhubungan dengan proses pengambilan data.

Hal ini tentunya sangat berkaitan erat dengan fungsi dari sebuah processor untuk mengintegrasikan setiap komponen komputer yang ada ke dalam satu kesatuan yang utuh sesuai dengan fungsinya masing-masng di dalam sebuah sistem kerja komputer.

Menjaga performa dari sebuah komputer

Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut. Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin besar kecepatan suatu processor, maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses. Satuan kecepatan dalam processor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz). 

Hal ini memang benar adanya, tapi bukan merupakan hal yang mutlak. Seberapa cepat dan juga tinggi spesifikasi processor yang ada, hal ini juga harus didukung dengan kondisi komponen lainnya, seperti harddisk, RAM, VGA, dan juga chipset. Oleh karena itu, meskipun sebuah processor bisa menjadi ukuran dari performa sebuah komputer, Namun tetap harus melihat spesifikasi komponen lainnya.

Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan

Sebuah komputer akan berjalan dengan mengandalkan sebuah perhitungan algoritma. Perhitungan algoritma tersebut diolah sedemikian rupa, hingga nantinya komputer bisa membaca apa yang diperintahkan oleh user, sehingga fungsi utama dari komputer tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer

Setiap komputer sengaja diciptakan dan juga dibuat untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia, dan juga untuk beberapa tujuan spesifik. Ada banyak sekali tujuan spesifik dari sebuah komputer.

Memastikan agar komputer dapat bekerja dengan baik

Processor menjaga agar komputer bisa bekerja dengan baik. Processor berperan sebagai media integrasi antar komponen pemrosesan informasi, komponen input dan juga komponen output yang ada di dalam sebuah sistem komputer.

Dengan terintegrasinya semua komponen tersebut, maka sebuah komputer pun nantinya akan dapat bekerja dengan baik, dan terhindar dari berbagai macam malfungsi, seperti error, corrupt, dan banyak hal lainnya.

Menjaga stabilitas dari setiap komponen komputer

Processor juga memilki fungsi yang penting untuk menjaga kualitas dan juga stabilitas dari setiap komponen komputer yang sedang bekerja. Hal ini berhubungan dengan kemampuan dari sebuah processor dalam menjaga arus listrik, sehingga dapat membantu mencegah terjadinya overvoltage pada setiap komponen-komponen di dalam sebuah sistem komputer.

Komponen Penyusun Processor

Berikut ini komponen penyusun di Processor :

1. Control Unit (CU)

Komponen processor Control Unit (CU) berfungsi untuk mengontrol segala aktivitas atau lalu lintas data yang ada pada komputer seperti input dan output. Pengatur aktivitas lalu lintas data ini bisa dieksekusi tanpa ada tumpang tindih dan dilakukan secara teratur.

2. Aritmatics Logical Unit (ALU)

Komponen processor Aritmatics Logical Unit (ALU) berfungsi untuk melakukan operasi matematika sesuai instruksi yang diberikan oleh user. Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.

3. Register Unit (RU)

Komponen processor Register Unit (RU) berfungsi untuk tempat penyimpanan data sementara yang berukuran kecil dan memiliki kecepatan akses yang tinggi.

Cara Kerja Processor

Processor akan menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang diberikan dan memberikan respon sesuai intruksi yang diberikan, berdasarkan instruksi itu, processor melakukan 3 “tiga” hal dasar diantaranya:
  • Menggunakan ALU “Arithmetic Logic Unit” yaitu untuk melakukan operasi matematis seperti pengurangan, penambahan, perkalian dan juga pembagian. Mikro processor modern mengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi-operasi yang sangat kompleks pada angka yang cukup besar.
  • Lalu memindahkan data dari satu lokasi memori ke lokasi yang lainnya.
  • Mengambil keputusan serta melompat ke instruksi lain sesuai keputusan tersebut.
Sederhananya inti dari cara kerja processor yaitu menerima umpan ataupun perintah masuk “input” baik dari mouse, keyboard atau alat penginput data yang lainnya yang terhubung, lalu kemudian menerjemahkan atau memproses data-data perintah tersebut untuk kemudian mengeluarkan atau meneruskan outputnya ke hardware ataupun software terkait.

Macam - macam Processor

Banyak sekali macam - macam processor, namu

Processor Intel

Intel processor adalah sebuah processor mikro buatan dari intel corporation yang sering digunakan pada CPU pada banyak komputer pribadi.pada perkembanganya produsen intel mengeluarkan banyak versi yang merupakan perbaikan dari versi sebelumnya. Keunggulan Intel yakni lebih tahan lama/tidak cepat panas,intel lebih baik digunakan untuk mendukung proses kerja seperti office bukan untuk game.

Produk intel processor yang beredar dipasarkan :
  • 4004 Micro processor
  • 8008 Microprocessor
  • 8080 Microprocessor
  • 8086 – 8088 Microprocessor
  • 286 Microprocessor
  • Intel 386 TM
  • Intel 486 TM DX CPU Microprocessor
  • Intel Pentium Processor
  • Intel Pentium Pro Processor
  • Intel Pentium II Processor
  • Intel Pentium II Xeon Processor
  • Intel Celeron Processor1999
  • Intel Pentium III Processor1999
  • Intel Pentium III Xeon Processor2000
  • Intel Pentium 4 Processor2001
  • Intel Italium Processor2001
  • Intel Italium II Processor2002
  • Intel Pentium M Processor2003
  • Intel Pentium M 735/ 745/ 7552004
  • Intel Pentium 4 Extreme Edition2005
  • Intel Pentium D2005
  • Intel Core 2 Quad2006
  • Intel Quad Core Xeon2006
  • Intel Core i7 800, i5 dan Xeon 34002009)
  • Intel Core i9-9900T

Processor AMD

AMD processor dalah sebuah mikroprosesor terbesar kedua didunia setelah intel corporation. AMD menjadi pesaing utama intel dalam perkembangan processor dalam dunia internasional. Produksi AMD kini terus melakukan pengembangan produk yang lebih baik. Produk AMD lebih disukai oleh gamers karena dilengkapi dengan VGA  ATi Radeon.

Keunggulan AMD dibandingkan processor lain yaitu :
  • Hyper Transport Teknologi penggandaan Bus pada jalur system sehingga data yang diantar lebih banyak karena lalu lintasnya lebih cepat.
  • Enhanced Virus protection (EVP),  Teknologi yang memungkinkan processor untuk mengenali virus dan sejenisnya sehingga komputer lebih terproteksi lebih aman.
  • AMD 64 technology,teknologi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbasis 64bit.
Macam processor AMD antara lain:
  • AMD Athlon II X2 240 dengan spec 2,8 GHz,2 x 1024 KB
  • AMD Athlon II X2 245 dengan spec 2,9 GHz,2 x 512 KB
  • AMD Athlon II X2 250 dengan spec 3 GHz,2 x 1024 KB
  • AMD Athlon II X2 255 dengan spec 3,2 GHz,2 x 1024 KB
  • AMD Phenom II X4 955 Black Edition dengan spec 3.2 GHz,4x 512,6 KB
  • AMD Phenom II X4 965 Black Edition dengan spec 3,4 GHz,4x 512,6 KB
  • AMD Phenom II X4 970 Black dengan spec 3,5 GHz,4x 512,6 KB
  • AMD Phenom II X6 1055T dengan spec 2,8 GHz,6x 512,6 KB
  • AMD Phenom II X6 1075T dengan spec 3 GHz,6x 512,6 KB
  • AMD Phenom II X6 1090T BK dengan spec 3,2 GHz,6x 512,6 KB
  • AMD Phenom II X6 1100T BK dengan spec 3,3 GHz,6x 512,6 KB

Processor Apple

Pada awalnya, perusahaan Apple Inc ini bernama Apple Computer, Inc diawal berdirinya pada 1 April 1976. Namun, kata “Computer” kemudian dihapuskan pada 9 Januari 2007 lalu. Sebab, pada saat itu Apple meluncurkan produk smartphone, yang dinamakan IPhone.

Apple Inc merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi multinasional dengan pusat kantornya berlokasi di Silicon Valley, Cupertino, California.

Perusahaan Apple memfokuskan diri dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan produk-produk elektronik. Seperti komputer pribadi hingga perangkat lunak komputer.

Apple mengembangkan beberapa processor yaitu :
  • Apple I
  • Apple II
  • Apple DOS
  • Apple Pascal
  • Apple CP/M
  • Apple SOS
  • Apple ProDOS
  • Macintosh

Processor IBM

International Business Machines Corporation (IBM), merupakan salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat dan didirikan pada tanggal 16 Juni 1911. Kantor pusat IBM di Armonk, Town of North Castle, New York, Amerika Serikat. Perusahaan ini bergerak pada bidang elektronik, yang memproduksi serta menjual berbagai produk perangkat keras maupun perangkat lunak yang ada pada komputer.

Processor yang dikembangkan oleh IBM yaitu :
  • 8008
  • 8080
  • 8088/8086sx
  • 286
  • 80386 DX
  • IBM 486SLC2
  • Pentium Classic (P54C)
  • Pentium Pro
  • Pentium II Xeon
  • IBM POWER4
  • IBM POWER5
  • IBM POWER6
  • IBM POWER7

Processor IDT

IDT ( Integrated Device Technology ) merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 1980 dan memiliki kantor di San Jose, California, Amerika Serikat.

Perusahaan ini telah berkontribusi untuk membuat processor WinChip yang diperkenalkan pertama kali pada Mei 1997 dan menghasilkan CPU dengan harga murah.

Processor WinChip yang dikembangkan oleh IDT yaitu :
  • Winchip C6 (0.35 µm)
  • WinChip 2 (0.35 µm)
  • WinChip 2A (0.35 µm)
  • WinChip 2B (0.25 µm)
  • WinChip 3 (0.25 µm)

Processor Cyrix VIA

Cyrix merupakan salah satu perusahaan pengembang mikroprosesor yang berdiri pada tahun 1988, dan berhasil didirikan di Richardson, Texas.

Setelah satu dekade masa didirikannya, perusahaan Cyrix akhirnya resmi bergabung dengan National Semi conductor pada 11 November 1997. Kemudian, pada tahun 1999, perusahaan Cyrix pindah tangan dan diakusisi oleh VIA.

Processor yang berhasil dikembangkan oleh perusahaan Cyrix dan VIA yaitu :
  • Cyrix FasMath
  • Cyrix 486SLC dan Cyrix 486DLC
  • Cyrix 5×86
  • Cyrix 6×86 (M1)
  • Cyrix MII
  • Cyrix MediaGX
  • Cyrix MII-433GP
  • VIA C3® Processor
  • VIA CoreFusion™ Processor Platform
  • VIA Eden™ Processors
  • VIA C7® Processor
  • VIA PV530 Processor
  • VIA Nano™ Processor
  • VIA Nano™ X2 Processor

Post a Comment for "Processor : Pengertian, Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja "