Apa itu Kabel ATA dan Kabel SATA? Simak Penjelasan Lengkapnya! - SHARE28S
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa itu Kabel ATA dan Kabel SATA? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Apa itu Kabel ATA dan Kabel SATA? Simak Penjelasan Lengkapnya!

Tahukah kamu ? pada tahun 1986 sebagian besar pengguna komputer menggunakan type drive standar ATA atau lebih dikenal dengan IDE drive. Kabel ATA dan Kabel SATA ini termasuk dalam komponen komputer.

Hingga pada tahun 2001 standar terakhir ATA yaitu ATA-7 yang dikenalkan pertama kali oleh komite T13 (komite yang bertanggung jawab menentukan standar ATA).

Selama tahun 2000 paralel ATA mengalami banyak masalah dalam hal signal timin, EMI (electromognetic interference) dan intergitas data. Kemudian para industri berusaha menyelesaikan masalah yang di timbulkan oleh paralel ATA dan di buat standar baru yang di sebut Serial ATA (SATA).

Lalu apa saja perbedaan yang terdapat pada Kabel ATA dan Kabel Sata? Yuk simak penjelasannya. 

Daftar Isi

Kabel ATA

Kabel ATA
Kabel ATA

Pengertian Kabel ATA

Kabel ATA (Advanced Technology Attachment) adalah kabel konektor untuk memasangkan drive hardisk yang diperkenalkan pada tahun 1986.

Kabel ATA menggunakan 16 bit paralel untuk mengontrol peralatan komputer dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Kabel ATA memiliki standar ATA-1 s/d 7 dan kabel ATA masih banyak digunakan untuk spesifikasi komputer lama semisal pentium 4 kebawah. 

Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Kabel ATA mempunyai panjang maksimal hanya 18 inc (46 cm).

Kecepatan transfer data dimulai dari 33mbps, 66mbps, 100mbps, 133mbps (ATA 33/66/100/150).

Fungsi Kabel ATA

Fungsi Kabel ATA adalah untuk menghubungkan antara motherboard dengan hardisk dan juga CD-ROM atau DVD-ROM di dalam perangkat komputer. System Parallel ATA juga merujuk kepada pemasangan hardisk dengan menggunakan 1 ataupun 2 IDE device yang nantinya dihubungkan dengan 1 kabel terkoneksi ke dalam satu port IDE secara parallel.

Kelebihan Kabel ATA

  • Kabel ATA dapat dipasangkan dilakukan dengan lebih dari satu IDE device.
  • Tahan lama dan kuat dalam pemakaian.
  • Harga lebih murah dari kabel SATA.

Kekurangan Kabel ATA

  • speed transfer data lebih lambat.
  • tidak semua toko komputer punya, soalnya mulai discontinue.
  • pemasangan kabel yang rumit karna harus mengikuti standar pemasangan kabel ATA.

Kabel SATA

Kabel SATA
Kabel SATA


Pengertian Kabel SATA

Kabel SATA (Serial Advanced Technology Attachment)  adalah kabel konektor pengembangan dari model kabel konektor ATA dengan kata lain kabel konektor SATA merupakan jenis kabel konektor baru yang ada setelah kabel ATA diperkenalkan pada tahun 2002. 

Kabel SATA mempunyai 15 pin kabel power dengan 250 mV dan berukuran lebih kecil ketimbang kabel ATA. Kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yaitu sebesar 150 MB/sec.

Selain memaksimalkan transfer rate dari pheriperal storage per kabel, SATA juga menyederhanakan instalasi, karena tidak perlu mengkonfigurasi hardisk sebagai master. SATA dirilis pada tahun 2004, mampu melakukan transfer rate maksimum dari 300 mb/s hingga 600 mb/s dengan dukungan native command queing (NCQ) yang merupakan salah satu fitur yang diadaptasi dari standar SCSI untuk mengoptimalkan bandwith tambahan.

Fungsi Kabel SATA

Kabel SATA menyederhanakan penggunaan pheriperal storage sehingga setiap kabel hanya dapat dihubungkan dengan satu piranti. Berikut fungsi kabel SATA :
  • Menghubungkan Hard Disk ke Motherboard.
  • Menghubungkan Optical Disk Drive ke Motherboard.
  • Menghubungkan Hard Disk dengan Hard Disk lainnya.
  • Menghubungkan port SATA pada Hard Disk ke port USB.

Kelebihan Kabel SATA  

  • Kabel SATA sangat cocok untuk membaca HDD yang berkapasitas besar
  • Penyambungan / Pemasangan kabel yang sangat mudah berbanding kabel ATA.
  • Bila menggunakan kabel SATA hanya cukup sambungkan mengikut port yang betul saja tidak rumit dibandingkan Kabel ATA.
  • Kabel SATA menggunakan tenaga elektrik (power consumption) agar tidak cepat panas dan tahan lama digunakan.
  • Dari segi pemasangan kabel SATA lebih efisien dan tidak memerlukan banyak ruang, karena ukurannya yang relatif kecil sehingga meningkatkan sirkulasi udara.
  • hardisk SATA mendukung kemampuan hot swappable,yaitu kemampuan untuk melepas atau tersambung dengan komputer tersebut sedang hidup.
  • Kecepatan transfer data lebih cepat dibandingkan kabel ATA.

Kekurangan Kabel SATA 

  • Sistem operasi lama seperti Windows 95 dan 98 tidak mendukung drive SATA dan untuk windows XP dibutuhkan driver khusus untuk instalasinya.
  • SATA kabel memungkinkan untuk hanya satu hard drive SATA akan terhubung pada suatu waktu.

Kesimpulan

Setiap jenis kabel memiliki perbedaan yang dapat dilihat dan dirasakan kualiatasnya. Perbedaan yang mencolok dapat dilihat dari bentuk fisik kabelnya.

Kabel SATA memiliki banyak kelebihan dibanding kabel ATA dikarenakan kabel SATA merupakan versi pengembangan dari kabel ATA jadi wajar saja jika Kabel SATA jauh lebih unggul dibanding Kabel ATA. 

Namun kelebihan dan kekurangan dari masing - masing jenis kabel dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna itu sendiri berdasarkan fungsinya.

Post a Comment for "Apa itu Kabel ATA dan Kabel SATA? Simak Penjelasan Lengkapnya! "

Berlangganan via Email