Widget HTML #1

Pengertian DVD Rom, Fungsi Hingga Harga DVD ROM

DVD ROM

Pada era teknologi seperti saat ini, tentu kebanyakan orang sudah familiar dengan penggunaan komputer atau laptop. Suatu komputer atau laptop terdiri dari beberapa komponen, seperti harddisk, ram atau memori, DVD ROM dan lain sebagainya. Gambar diatas merupakan gambar DVD ROM yang akan dibahas lebih lanjut pada kesempatan ini.

Daftar Isi

Pengertian DVD

Sebelum masuk pada pembahasan apa itu DVD ROM, mari ketahui dulu apa itu DVD. DVD adalah sebuah alat berbentuk seperti kepingan cakram padat yang menggunakan teknologi optik yang digunakan untuk menyimpan data. Data ini bisa berupa file audio seperti musik, video, game dan berbagai jenis file komputer lainnya.

DVD memiliki bentuk yang sama dengan kepingan CD. Meski begitu, DVD mempunyai fungsi yang lebih unggul dibandingkan kepingan CD. DVD memiliki kapasitas penyimpanan hingga 7 kali lebih besar yaitu sekitar 4,7 GB.

DVD sendiri terbagi dalam 2 jenis, yaitu DVD-R dan DVD-RW. Pada DVD-R, Anda hanya dapat melakukan aktivitas Read only. Artinya data yang sudah di-burning pada DVD tidak dapat diubah dan bersifat permanen. Biasanya ini digunakan untuk menyimpan file instalasi windows.

Sedangkan pada DVD-RW, Anda dapat melakukan proses Read and Write. Ini berarti Anda dapat memodifikasi atau mengubah kembali data yang sudah tertulis di dalam DVD. Dengan kemudahan ini Anda hanya perlu membayar sedikit lebih mahal daripada membeli DVD-R.

Pengertian dan Fungsi DVD Rom

Digital Versatile Disc Read Only Memory atau biasa dikenal dengan DVD ROM adalah bagian dari komponen komputer yang berfungsi untuk memutar kepingan DVD. Meskipun DVD ROM mempunyai bentuk yang sama persis dengan CD ROM, namun fungsi atau fitur kedua benda ini cukup berbeda.

CD ROM hanya bisa digunakan untuk membaca kepingan CD. Sedangkan fungsi DVD ROM adalah membaca kepingan DVD dan juga sekaligus bisa membaca CD. Bisa dibilang bahwa DVD ROM adalah teknologi terupdate dari CD ROM.

Kelebihan lain dari DVD ROM adalah memiliki kemampuan membaca data yang lebih baik dari CD ROM. Kecepatan putaran DVD ROM sebesar 1,32 MiB/s, lebih cepat jika dibandingkan dengan CD ROM yang hanya 150 KiB/s. Secara fungsi dan model, DVD ROM PC atau komputer tidak berbeda jauh dengan DVD ROM laptop.

Cukup banyak perkembangan yang terjadi pada DVD ROM komputer. Mulai dari CD ROM yang menggunakan ATA, lalu DVD ROM SATA, teknologi ini terus berkembang mengikuti kebutuhan sistem komputer yang membutuhkan banyak space atau kapasitas. Penggunaan kabel DVD ROM SATA dinilai lebih bagus daripada penggunaan kabel ATA.

Jenis DVD ROM

Saat ini ada 2 jenis DVD ROM secara garis besar. Yaitu DVD ROM internal dan eksternal.

  • DVD ROM Internal
    DVD ROM internal dapat Anda temui dalam rangkaian sebuah komputer atau laptop
  • DVD ROM eksternal
    DVD ROM eksternal adalah jenis DVD ROM yang tidak termasuk dalam rangkaian komputer.

Seiring perkembangan jaman, terkadang ada produsen laptop yang tidak lagi menggunakan DVD ROM internal pada laptop buatannya. Ini dikarenakan DVD mulai tergantikan dengan flashdisk yang lebih praktis karena bentuk yang lebih kecil dengan kapasitas yang lebih besar.

Jika laptop Anda tidak memiliki DVD ROM didalamnya, Anda masih bisa menggunakan DVD ROM eksternal yang kini banyak beredar di pasaran. External DVD ROM juga lebih praktis karena dapat digunakan untuk berbagai device atau perangkat. Karena sifatnya yang eksternal DVD-ROM jenis ini mudah dibawa kemana saja.

Jika saat ini Anda sedang mencari informasi terkait harga DVD ROM baik itu jenis internal maupun eksternal, maka Anda harus menyimak informasi dibawah ini. Ulasan mengenai harga DVD ROM komputer ini dapat Anda gunakan sebagai referensi sebelum membeli DVD ROM.

Harga DVD ROM Eksternal dan Internal

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai DVD ROM harga terbaik, Anda harus menentukan terlebih dahulu range atau kisaran budget yang ingin Anda siapkan untuk sebuah DVD ROM. Lalu kenali juga produsen penghasil DVD ROM yang bagus.

Ada banyak sekali produsen pembuat DVD ROM yang bisa Anda temui, diantaranya LG, Asus, Dell, dan lainnya. DVD ROM LG, Asus, Dell biasanya dapat dengan mudah Anda dapatkan karena nama brand yang besar dan kualitas yang cukup baik. Lalu harga DVD ROM Asus misalnya, tidak terlalu berbeda jauh dengan harga DVD ROM merk lain.

Apakah Anda sedang mencari informasi DVD ROM external harga terjangkau? Anda bisa menemukan informasi DVD ROM harga terbaik pada marketplace atau forum teknologi. Anda bisa memilih DVD ROM eksternal terbaik yang terjangkau dan juga sesuai dengan keinginan serta kebutuhan Anda.

Memiliki laptop DVD ROM internal memang lebih mudah, tetapi karena dimensinya yang lebih besar maka kebanyakan produsen menghilangkan DVD ROM tersebut. Dengan meniadakan DVD ROM, laptop akan semakin lebih tipis, ramping, dan ringan untuk dibawa.

Lalu tidak ada perbedaan yang signifikan antara harga DVD ROM internal PC dengan yang terdapat pada laptop. Meski begitu jika dibandingkan, dimensi DVD ROM pada komputer lebih besar dibandingkan dengan DVD ROM pada laptop.

Untuk DVD ROM eksternal sendiri dapat Anda temui dalam berbagai model menarik. Tentu berbagai model ini ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda sesuai dengan kualitasnya. Ada yang berbentuk unik dan ada juga yang berbentuk simpel dan tipis sangat menarik.

Jika DVD ROM internal menggunakan kabel SATA untuk terhubung dengan rangkaian komputer atau laptop, maka DVD ROM eksternal diciptakan lebih praktis dengan kabel USB sebagai penghubung antara komputer atau laptop dengan DVD ROM tersebut. Oleh karena itu DVD ROM jenis ini lebih mudah digunakan karena dapat digunakan untuk berbagai jenis perangkat yang berbeda.

Temukan DVD ROM Eksternal Harga Terbaik

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan juga jenis DVD ROM Anda bisa mulai menentukan jenis DVD ROM yang ingin Anda gunakan. Untuk range atau kisaran harga sebuah DVD ROM adalah mulai ratusan hingga jutaan ribu rupiah. Tentu Anda harus menentukan kembali kebutuhan untuk komputer atau laptop Anda.

Range harga ini bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan dan keinginan Anda. Karena kebutuhan antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada banyak produsen yang menawarkan DVD ROM dengan kualitas dan fungsi kebutuhan yang berbeda.

Jangan lupa untuk merawat DVD ROM yang Anda miliki dengan cara rajin mengelap permukaan DVD ROM dengan lap atau kain yang bersih. Serta simpan kembali kepingan CD atau DVD yang tidak digunakan dalam wadah khusus agar tidak rusak.

Demikian informasi mengenai DVD ROM yang bisa Anda ketahui. Jangan ragu untuk bertanya pada komunitas atau forum untuk bisa mendapatkan DVD ROM eksternal harga dan kualitas yang terbaik.

Posting Komentar untuk " Pengertian DVD Rom, Fungsi Hingga Harga DVD ROM"