Penjelasan Lengkap Perangkat Penyimpanan Flashdisk - SHARE28S
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penjelasan Lengkap Perangkat Penyimpanan Flashdisk

Apa itu flashdisk ?


Daftar Isi

 A. Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah sebuah perangkat penyimpanan data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai format data dan memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Di awal kemunculannya, flashdisk memiliki kapasitas setengah Gb atau 512 Mb, kini kapasitas flashdisk sangat beragam, ada yang berkapasitas 2 Gb, 4 Gb, 8 Gb, 16 Gb, 32 Gb, 128 Gb hingga maksimal 4Tb (Terabyte) atau 4400 Gb untuk saat ini.

Flashdisk memiliki sifat  non volatile yaitu dapat menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Ini terjadi karena didalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan data secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdisk sudah diputuskan oleh user.

Pengguna flashdisk pun kini sudah banyak karna flashdisk dinilai efektif dan efisien untuk menyimpan data juga dapat mengubah data kapan pun saat dibutuhkan.

B. Sejarah Flashdisk

Flashdisk merupakan perangkat yang dibuat oleh salah satu ahli teknologi bernama Fujio Masuoka. Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi.

Dr Fujio Masuoka
Dr Fujio Masuoka

Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988. NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data,memberikan akses secara acak terhadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, di mana memungkinkan untuk mengupdate.

kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan dan penulisan yang lebih cepat, membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. 

Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash tipe ini cocok digunakan untuk secondary storage. Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000 Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. 

IBM kemudian berhasil menjadi produsen pertama untuk flashdisk di tahun 2000 di Amerika Serikat. Pada masa ini, ukuran dari flashdisk yang dijual oleh IBM hanya berukuran 8 MB. Setelah itu, ada banyak perusahaan yang kemudian membuat inovasi dalam hal bentuk dari USB ini. 

Tidak sedikit juga perusahaan yang kemudian mengajukan tuntutan satu sama lain untuk memperebutkan hak paten dari pembuatan flashdisk yang saat ini digunakan secara luas di seluruh dunia. 

Awal pengenalannya tahun 1996 flashdisk menggunakan USB 1.0 yang memiliki kecepatan transfer data 12 Mbit/s, Sedangkan di tahun 2002 teknologi untuk flashdisk ini berkembang. Di waktu tersebut, flashdisk banyak diproduksi dengan menggunakan interface USB 2.0 yang memiliki kecepatan transfer hingga 480 Mbit/s.

Setelah itu di tahun 2010, muncullah interface baru yaitu USB 3.0 yang membuat flashdisk bisa melakukan pemindahan data hingga 5 Gbit/s. Teknologi ini kemudian disusul dengan munculnya USB 3.1 type-c yang memiliki kemampuan untuk memindah data dengan kecepatan 530 MB/s. 

Menurut sejarah perkembangan flashdisk ada empat entitas flashdisk atau flash drive USB, yakni Dov Moran dari M-Systems, Pua Khein Seng Phison Elektronik, Trek Teknologi dan Teknologi Netac. Dari keempat entitas tersebut, flashdisk terus di modifikasi baik dari bentuk maupun fungsinya hingga akhirnya flashdisk di komersilkan ke masyarakat umum.

Bukan hanya dari segi kecepatannya saja, perkembangan dari flashdisk ini juga bisa dilihat dari daya simpan dari flashdisk tersebut. Salah satu perkembangan yang sangat menarik dari flashdisk ini adalah penemuan flashdisk 4Tb (Terabyte) atau 400 Gb yang dilakukan oleh SanDisk tahun 2019 yang lalu. 

C. Komponen Pada Flashdisk 

Komponen-komponen internal sebuah flash drive yang umum :
  1. Sambungan USB.
  2. Perangkat pengontrol penyimpanan massal USB.
  3. Titik-titik percobaan.
  4. Chip flash memory.
  5. Oscillator kristal.
  6. LED.
  7. Write-protect switch.
  8. Ruang kosong untuk chip flash memory kedua.

D. Cara Kerja Flashdisk

Cara Kerja Flashdisk


Cara kerja flashdisk pada umumnya :
  1. Konektor berfungsi untuk menghubungkan peripheral yang terdapat dalam flash disk ke port USB untuk kemudian di akses oleh SO.
  2. Pengontrol penyimpanan memory berfungsi mengontrol dan menyediakan penghubung ke alat Flash disk yang bertugas menjaga kesetabilan perangkat. Pengontrol berisi suatu RISC mikro prosesor berukuran kecil dan hampir sama pada RAM.
  3. Lalu Point test ini berkerja selama perangkat mengecek dan mengirimkan kode ke microprocessor.
  4. Setelah kita membuat suatu file dan menyimpannya di flash disk maka bagian ini adalah tempat menyimpan datanya, biasanya juga digunakan di dalam kamera digital.
  5. Perangkat ini menghasilkan 12 MHZ sinyal dari perangkat utama dan mengendalikan keluaran data perangkat sampai sebuah tahap penguncian.
  6. Lampu indikator berfungsi untuk menandai adanya transfer data atau adanya data yang dibaca dan data yang ditulis.
  7. Menandai apakah perangkat ada di dalam mode “write protection” atau tidak.
  8. Ruang kosong disediakan untuk tambahan satu flash memory, dan dapat digunakan untuk menyimpan data lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan.

E. Fungsi dan Manfaat Flashdisk

Flashdisk berfungsi untuk menyimpan dan memindahkan data mungkin yang paling umum digunakan untuk USB flash drive, tapi sebenarnya ada manfaat kegunaan flashdisk yang dapat dilakukan dengan drive ini yang sangat berguna. 

Berikut adalah cara bisa memperoleh manfaat kegunaan flashdisk drive USB untuk melakukan hal lain lebih dari sekedar hanya menyimpan dan memindahkan data. 

Selain menyimpan data, Kamu dapat menjalankan aplikasi portable dari flash drive USB. Misalnya, OpenOffice, yang merupakan office suite lengkap yang mencakup pengolah kata, spreadsheet, presentasi, paket menggambar, dan database yang tersedia sebagai aplikasi portabel. 

Silahkan mengunjungi alamat PortableApps.com untuk melihat program apa saja yang bisa dijalankan lewat flash disk drive. Kamu bahkan bisa menginstal seluruh aplikasi yang mencakup hal-hal seperti pemutar audio, permainan, utilitas antivirus, dan sistem menu praktis dari flash disk ini.

F. Kelebihan Flashdisk

Flashdisk mempunyai beberapa kelebihan yaitu :
  1. Sangat Praktis (portabel) karena mudah dibawa.
  2. Mudah Terhubung ke Komputer karena port USB berkonsep universal.
  3. Kapasitas Memori Lebih Besar.
  4. Lebih Tahan lama.
  5. Mudah beradaptasi dengan berbagai operation system computer.
  6. Keamanan data lebih terjaga.
  7. Sebagai media bantu untuk menginstal program

G. Kekurangan Flashisk

Flashdisk juga mempunyai beberapa kekurangan yaitu :
  1. Mudah hilang karena ukurannya yang tergolong kecil
  2. Saat terletak di dalam kantong pada baju atau celana ada kemungkinan terendam air saat kamu lupa mengeluarkannya dari saku tersebut dan flasdisk akan menjadi rusak jika terkena air.

H. Jenis Flashdisk

Flashdisk memiliki berbagai macam jenis saat ini, Adapun jenis tersebut dikelompokkan berdasarkan tampilan, fungsi dan juga kapasitas penyimpanannya.

1. Berdasarkan Tampilan

Perangkat flashdisk memiliki beberapa jenis yang populer saat ini yang bertujuan agar tidak tertukar oleh orang lain karna memiliki ciri khas ataupun mempermudah penggunanya dalam membawa flasdisk. Berikut tampilan flashdisk yang saat ini banyak digunakan : 

  • Kartu Flashdisk
Bentuk dari flashdisk ini terlihat seperti kartu yang sengaja dibuat secara custom. Bahkan dibeberapa flashdisk jenis kartu identitas ini juga ditampilkan nama serta nomor pemilik kartu sehingga semua data pemiliknya jelas tertera di atasnya.
  • Flashdisk Gantungan Kunci
USB jenis ini sengaja dibuat dan didesain agar mudah dibawa kemana-mana karena telah dilengkapi dengan gantungan kunci. Flashdisk ini tentu sangat berguna bagi mereka yang sering lupa ataupun sering kehilangan flashdisk.

  • Flashdisk Gelang
Flashdisk ini terbilang sangat unik karena bentuknya menyerupai gelang yang bisa digunakan di tangan pemakainya. Selain berguna untuk menyimpan data flashdisk pun sekarang bisa jadi bahan aksesoris.
  • Flashdisk “Merk”
Jika kamu penggemar berat sesuatu yang bersifat branded, ternyata ada jenis flashdisk diluar sana yang menyertakan merk-merk unik yang dapat dicostume sesuai keinginan kamu.
  • Flashdisk Karakter
Flashdisk akan semakin menarik dengan desain-desain lucu dan unik seperti karakter tertentu ataupun figur-figur daripada pemain bola ataupun pemain film.

2. Berdasarkan Fungsi

Untuk jenisnya flashdisk bisa ditemukan dalam 3 jenis berdasarkan fungsinya. Jenis dari flashdisk berdasarkan fungsinya ini adalah :

Security Flashdisk 

Flashdisk ini merupakan jenis penyimpanan data yang dilengkapi dengan keamanan untuk perlindungan data yang dimiliki. Salah satu contoh dari flashdisk yang digunakan untuk perlindungan data ini adalah flashdisk dari Cryptex. 

Music Flashdisk 

Jenis flashdisk kedua yang juga cukup umum digunakan bahkan di Indonesia adalah music flashdisk. Music flashdisk ini merupakan sebuah jenis flashdisk yang digunakan untuk menyimpan dan memainkan file musik. Flashdisk jenis ini juga bisa digunakan memindahkan musik dari satu device ke device lainnya. 

Bootable Flashdisk 

Jenis dari flashdisk terakhir yang bisa ditemukan dipasaran adalah bootable flashdisk. Jenis flashdisk ini merupakan jenis flashdisk yang digunakan untuk melakukan instalasi operating system. 

Flashdisk dengan jenis ini merupakan flashdisk yang digunakan hanya untuk membuat sebuah flashdisk instalasi sehingga tidak bisa digunakan untuk menyimpan data lain selain data yang dibutuhkan dalam proses instalasi tersebut. 

3. Berdasarkan Kapasitas Penyimpanan

Jenis-jenis flashdisk juga dibedakan berdasarkan kapasitas penyimpanannya, mulai dari yang terkecil saat awal mula di produksi hingga kapasitas terbesar yang bisa kita jumpai saat ini sebagai berikut :
  • Kapasitas 8 MB
  • Kapasitas 128 MB
  • Kapasitas 256 MB
  • Kapasitas 512 MB
  • Kapasitas 1 GB
  • Kapasitas 2 GB
  • Kapasitas 4 GB
  • Kapasitas 8 GB
  • Kapasitas 16 GB
  • Kapasitas 32 GB
  • Kapasitas 64 GB
  • Kapasitas 128 GB
  • Kapsitas 256 GB
  • Kapasitas 521 GB
  • Kapasitas 1 TB
  • Kapasitas 2 TB
  • Kapasitas 4 TB
Bahkan sekarang ini untuk ukuran flashdisk terbesar di pasaran yang bisa kita jumpai salah satunya adalah merk Sandisk dengan kapasitas 4 TB. Kapasitas yang sedemikian besar ini tidak akan pernah habis atau penuh memori saat digunakan untuk menyimpan data.

Beberapa merek Flashdisk yang banyak dijual dipasaran saat ini dengan kualitas cukup baik yaitu :
  • USB Drive Kingstoon
  • USB Drive V-Gen
  • USB Drive Adata
  • USB Drive SanDisk
  • USB Drive Toshiba

I. Kesimpulan

Flashdisk merupakan perangkat media penyimpanan eksternal yang banyak digunakan saat ini. Perkembangan flashdisk dapat dilihat dari Tampilan, Fungsi dan Kapasitasnya yang beragam agar mempermudah penggunanya.

Post a Comment for "Penjelasan Lengkap Perangkat Penyimpanan Flashdisk"

Berlangganan via Email